- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Revitalisasi Multiyears Masjid Agung Batam Gagal, Begini Nasibnya

INTREN.ID, BATAM – Revitalisasi Masjid Agung Batam Center yang telah direncanakan sejak Februari 2020 lalu dengan pengerjaan selama tiga tahun ke depan akhirnya batal. Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Batam Suhar.

Kata Suhar, alasan pembatalan revitalisasi multiyears Masjid Agung Batam tersebut diakibatkan waktu yang tersisa pada tahun ini dirasa tidak akan bisa mencapai target yang ada. Sehingga terjadi perubahan anggaran dari perencanaan awal.

“Untuk revitalisasi multiyears-nya gagal dan lelangnya dibatalkan. Karena waktu pelaksanaannya mepet dan saat ini akan diganti menjadi pola kontrak tahun tunggal,” ucap Suhar kepada intren.id, Rabu (1/7/2020).

Sebelumnya Pemko Batam bersama DPRD Kota Batam telah sepakat menganggarkan revitalisasi Masjid Agung Batam sekira Rp 170 miliar. Dengan pengerjaan multiyears atau selama tiga tahun yang dimulai tahun 2019, 2020 hingga 2021.

Namun pada tahun 2019 terjadi defisit anggaran sehingga renovasi direncanakan pada tahun berikutnya. Awal tahun 2020 Pemko Batam membuka tender dan lelang secara terbuka untuk pekerjaan proyek revitalisasi masjid Agung tersebut.

“Target awal sebenarnya Maret sudah ada pemenangnya, sehingga April dimulai pekerjaan. Tetapi kita ketahui bersama bahwa di bulan tersebut terjadi pandemi Covid-19 hingga saat ini. Sehingga tidak mungkin pengerjaan dilaksanakan,” kata Suhar.

- ADVERTISEMENT -

Dengan mundurnya proses verifikasi pemenang tender hingga pertengahan tahun ini dan sisa waktu yang ada, tentunya tidak memungkinkan proyek tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Sekarang sudah Juni, kalau dipaksakan tidak akan selesai sampai akhir tahun ini. Karena itu ada perubahan anggaran,” ungkapnya.

Lanjut Suhar, pada tahun ini pihaknya hanya akan melakukan revitalisasi di lantai dasar Masjid Agung Batam Center yang akan mengubah denah ruang. “Untuk partisi Basement akan dikerjakan dengan waktu lebih kurang tiga bulan dan anggaran kami usulkan sebesar Rp 5 miliar,” ujar Suhar.

“Revitalisasi lantai dasar tersebut, direncanakan berjalan pada September hingga Desember mendatang, setelah APBD disahkan,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.