Revitalisasi Masjid Agung Batam Center Masih Belum Jelas, Ini Alasannya

INTREN.ID, BATAM – Revitalisasi Masjid Agung Batam Center yang telah direncanakan sejak Februari 2020 lalu hingga saat ini masih menunggu proses lelang. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar mengatakan, pihaknya masih terus menunggu proses lelang tersebut selesai.

Sebelumnya, direncanakan proses revitalisasi akan dilaksanakan Maret 2020 dengan hasil lelang dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Batam. “Hanya saja sampai saat ini, proses lelang tersebut masih terus diperpanjang,” ucap Suhar, Jumat (29/5/2020).

Dirinya berharap penandatanganan kontrak bisa segara dilakukan. Agar proses revitalisasi cepat dilaksanakan. Karena masa revitalisasi Masjid Agung Batam Center berjangka waktu hingga akhir tahun 2021, bukan lagi pada tahun 2022 seperti yang direncanakan sebelumnya.

Suhar menegaskan, untuk anggaran revitalisasi yang mencapai Rp 172 milliar dari APBD Batam masih aman dan tidak terganggu di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19). Tidak seperti anggaran proyek pembangunan di bidang lainnya.

“Untuk anggaran masih aman, jika pun nanti tidak ter-cover masih bisa dianggarkan untuk tahun 2021,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tujuan revitalisasi tersebut adalan untuk menambah daya tampung jemaah di Masjid Agung Batam. Yang diharapkan bisa menampung ribuan jemaah dalam waktu yang bersamaan.

Selain perbaikan bangunan lama, akan ada juga penambahan parkir bawah tanah atau basement. Pembangunan plasa masjid, pembuatan koridor baru, hingga penambahan bangunan untuk keseimbangan sisi utara dan selatan.

“Nantinya kubah masjid yang kini berbentuk limas, akan diubah bentuk menjadi bulat,” ungkap Suhar.

Juga akan dipasang pagar keliling dan hanya memiliki dua pintu masuk di masjid ini. Serta penambahan menara menjadi lima yang dilengkapi lift atau elevator sehingga bisa difungsikan sebagai menara pandang.

Dilansir dari laman resmi LPSE Batam, ada sebanyak 72 peserta tender, dengan nomor tender 10490026. Dan telah memasuki tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, serta harga. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

https://www.youtube.com/watch?v=WHCWDeAqnP0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.