Resmi, Bandara Hang Nadim Tak Layani Penerbangan Komersial

Hanya Layani Kargo dan Pandu Pesawat yang Melintas

INTREN.ID, BATAM – Sejak Sabtu (25/4/2020) ini, Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam menghentikan seluruh penerbangan komersial. Penghentian penerbangan ini dilakukan hingga 1 Juni Mendatang.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam Suwarso menjelaskan, Bandara Hang Nadim Batam adalah salah satu bandara di Indonesia yang terkena imbas dari pengurangan dan pembatalan penerbangan. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020, per tanggal 23 April 2020, dan Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor UM.002/5/18/DRJU.KUM-2020.

Peraturan tersebut terkait pengendalian transportasi udara selama masa mudik Idulfitri 1441 H. Termasuk pelarangan sementara penggunaan transportasi udara untuk mengangkut penumpang. Hal ini dilakukan untuk mendukung aturan pemerintah mengenai larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Karena terlalu singkatnya waktu persiapan yang dilakukan oleh para Maskapai pada Kamis (24/4/2020) kemarin, maka pihaknya masih melakukan kegiatan penerbangan ataupun penerimaan kedatangan. “Hal serupa juga masih berlaku di beberapa kota lainnya,” ungkap Suwarso.

Diuraikan, ada 21 penerbangan keberangkatan terakhir ke beberapa bandara di tanah air. Antara lain Lion grup 15 penerbangan, Garuda 1 penerbangan, Citilink 4 penerbangan, dan Susi Air 1 penerbangan

“Penerbangan tersebut merupakan penerbangan komersial terakhir di bandara Hang Nadim Batam. Tetapi Bandara Hang Nadim Batam tidak tutup,” ungkap Suwarso. Hang Nadim tidak tutup karena masih melayani pesawat kargo dan memandu navigasi pesawat yang melintas di kawasan udara Kota Batam.

Hingga saat ini sudah ada beberapa maskapai yang telah mengajukan close penerbangan. di antaranya Lion Grup sejak 25 April 2020 hingga 1 Juni 2020 mendatang, diikuti oleh maskapai Garuda serta Citilink.

Suwarso mengimbau masyarakat yang sudah membeli tiket pada masa penutupan sementara bandara Hang Nadim Batam, untuk segera menghubungi pihak maskapai. Agar bisa melakukan refund atau reschedule.

Untuk pengaturan waktu refund tiket, akan ditentukan oleh pihak operator penerbangan atau maskapai. Yang bertujuan menghindari terjadinya penumpukan calon penumpang di bandara. Karena pihaknya akan selalu memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh.

“Kami tetap berkoordinasi intens dengan pihak maskapai untuk membantu masyarakat dalam proses refund atau reschedule bagi calon penumpang. Kami berupaya mengatur sedemikian rupa agar proses tersebut tetap dapat menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” urainya.

Pihak Bandara Hang Nadim juga tengah menyiapkan pengaturan parking stand pesawat yang akan parkir longstay pada periode ini. Agar tidak mengganggu operasional pesawat kargo atau pesawat yang membawa logistik yang masih akan beroperasi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

https://youtu.be/aqGTyGoCSlk

Get real time updates directly on you device, subscribe now.