Reses Sekaligus Perkuat Silaturahmi dengan Ketua RT di Balikpapan, Safaruddin Akomodir Aspirasi Masyarakat

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Balikpapan mengalami penurunan level. Hal ini dimanfaatkan betul oleh anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin untuk menyapa masyarakat secara langsung, Rabu (20/10/2021).

Pada momen reses masa sidang I tahun 2021-2022, Safaruddin langsung menggelar tatap muka dengan para ketua rukun tetangga (RT). Pada kesempatan itu, dia didampingi Anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan, H Baba dan H Eddy Sunardi Darmawan serta Wakil Ketua DPRD Balikpapan sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan, Budiono. Protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan itu.

Pertemuan sesi pertama pukul 10.00 Wita yang berlangsung sederhana di Rumah Makan Kuin Abduh di kawasan Jalan MT Haryono, Kelurahan Damai ini menjadi ajang melepas rindu. Terutama para sejumlah ketua RT di Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota. Termasuk pada pertemuan sesi kedua di tempat yang sama, pukul 16.00 Wita.

“Selama pandemi kita dibatasi untuk bertemu, bukan (saya) tidak mau (bertemu). Justru saya ingin sering ketemu bapak dan ibu, tapi daripada kita ketemu kemudian datang Satpol PP lalu dibubarin kan repot,” canda Safaruddin yang menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Para ketua RT dan warga pun begitu antusias bertemu langsung dengan Safaruddin. Ini sekaligus momentum melepas rindu dan berdiskusi tentang pelbagai hal.

“Kami atas nama warga, khususnya di Klandasan Ilir sangat senang dan bangga bisa diundang bersilaturahmi. Lama enggak bertemu, hampir dua tahun selama pandemi. Rindunya itu luar biasa,” ujar Rudy, Ketua RT 01 Klandasan Ilir.

Pertemuan berlangsung santai dan sederhana. Sejumlah warga dan ketua RT yang lain pun mengatakan hal yang sama. Di masa pandemi, tidak mudah menyampaikan aspirasi maupun keluhan-keluhan terkait masalah sosial kemasyarakatan yang dialami warganya. Ada yang menyoroti soal sistem penerimaan siswa baru, air bersih, perbaikan jalan, lampu penerangan jalan umum dan lainnya. “Ya mudah-mudahan pandemi bisa lekas selesai,” ujar salah seorang ketua RT lainnya.

Safaruddin pun dengan tangan terbuka menyerap aspirasi masyarakat. Bahkan terkait hal-hal yang menyangkut kewenangan daerah, Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim ini pun meminta warga tak segan berkomunikasi langsung dengan wakil rakyat dari PDI Perjuangan. Baik tingkat DPRD provinsi maupun tingkat kota.

“Inilah pentingnya silaturahmi, selain memperpanjang umur dan menambah rezeki, komunikasi juga jadi lancar, segala sesuatunya bisa dibicarakan dengan baik dan dicarikan solusinya. Insya Allah, kalau pandemi hilang kita akan semakin sering bertemu. Ada teman-teman di DPRD provinsi dan kota, silakan berkomunikasi,” ujar Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sehari sebelumnya, Selasa (19/10/2021) reses Safaruddin juga menyasar sejumlah lingkungan RT di Kecamatan Balikpapan Utara seperti di Kelurahan Graha Indah dan Batu Ampar, serta Kelurahan Baru Tengah di Kecamatan Balikpapan Barat. Warga pun antusias menghadiri pertemuan yang dilakukan Tim Rumah Aspirasi Safaruddin tersebut. Apalagi Safaruddin juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang hadir.

“Alhamdulillah Pak Safaruddin bersama timnya hadir di tengah-tengah kita, mudah-mudahan beliau selalu sehat dan tetap istikamah menjalankan amanah. Terima kasih atas kepedulian Pak Safaruddin terhadap kami semua,” ujar Dijah, warga RT 15 Baru Tengah. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.