Relawan Isdianto Ajak Warga Batam Bersiap Hadapi New Normal

INTREN.ID, JAKARTA – Sejumlah masyarakat yang tergabung Relawan Sahabat Isdianto terus bergerak membantu pemerintah dalam mengatasi penularan pandemi virus corona baru (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Relawan yang tersebar di seluruh wilayah Kepri tersebut mengaku secara sukarela bergerak agar masyarakat tetap mengikuti imbauan pemerintah. Terutama menjelang diterapkannya aturan New Normal atau tatanan kehidupan baru.

Seperti disampaikan Rionaldi, salah seorang Relawan Isdianto di Kota Batam. Pihaknya mengaku saat ini tim Relawan Isdianto tengah fokus mengajak seluruh masyarakat untuk bersiap menghadapi era New Normal yang akan segera diberlakukan pemerintah.

“Sebentar lagi kita akan memasuki fase baru dalam menghadapi pandemi Covid-19. Guna melakukan penyesuaian dan pemulihan ekonomi. Ini tentu harus didukung dengan kesiapan masyarakat menghadapi era New Normal. Kalau tidak, bisa berbahaya. Untuk itu kita terus bergerak mengajak masyarakat untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah,” ungkap Rionaldi, Selasa (26/5/2020).

Sebagai provinsi terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, Kepri direncanakan menjadi daerah percontohan penerapan New Normal selain Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini diungkapkan anggota Tim Percepatan dan Pemulihan Dampak Covid-19, Rai Suryawijaya.

“Tahap pertama itu Bali, Yogyakarta dan Kepulauan Riau atau Batam. Itu yang menjadi super prioritas. Bali akan dibuat pilot project oleh Bapak Presiden dan telah disetujui untuk lebih awal dibuka,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

Sebagai upaya menghadapi perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, dibutuhkan kesiapan masyarakat. Agar tidak terjadi gelombang kedua pandemi Covid-19. Hal itulah yang terus disosialisasikan Relawan Isdianto kepada masyarakat.

“Kami di Relawan Isdianto sebenarnya telah melakukan langkah ini sejak tiga bulan lalu. Hanya saja karena ini akan memasuki era baru, kita harus lebih intens turun ke masyarakat, memberikan edukasi tentang aturan baru tersebut,” imbuh Rionaldi.

Di tempat terpisah, Akbar Ramadhan yang merupakan relawan milenial Isdianto mengatakan hal serupa. Bersama timnya, Akbar mengaku siap bekerja lebih keras mengajak masyarakat untuk bersiap menghadapi era New Normal tersebut.

“Kita semua tentu berharap pandemi ini segera berakhir. Untuk itu kami dari kelompok Milenial Isdianto Kota Batam akan bekerja keras untuk mengajak masyarakat tetap patuh pada imbauan pemerintah,” kata Akbar melalui pesan tertulis.

Akbar bersama timnya mengaku telah bergerak mengajak kelompok anak muda untuk membiasakan diri melakukan penyesuaian dengan era New Normal tersebut. Salah satunya dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.