Relaksasi Jasa Hiburan Masyarakat Dievaluasi Minggu Ini, Pemkot Balikpapan Pantau Perkembangan Covid-19 Dulu

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Relaksasi kegiatan jasa hiburan masyarakat masih dalam proses evaluasi oleh Pemkot Balikpapan melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan. Pemutusan kebijakan relaksasi kegiatan tersebut akan melihat perkembangan kasus virus beralias corona itu hingga pekan ini.

Kepala Satpol PP Balikpapan, Zulkifli mengatakan, relaksasi kegiatan jasa hiburan masyarakat sebenarnya dapat lebih awal. Namun karena adanya kejadian luar biasa, di mana terjadi demonstrasi beberapa waktu lalu, maka akan melihat perkembangan kasus Covid-19 ke depan.

“Secara syarat, grafik R0 (rasio penularan Covid-19) Balikpapan sudah memenuhi dengan di bawah satu sejak akhir September lalu. Tapi kita terus melihat perkembangan ke depan, setidaknya sampai 14 hari setelah peristiwa demonstrasi beberapa waktu lalu,” jelasnya.

- ADVERTISEMENT -

Selain itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 juga telah melakukan peninjauan di salah satu tempat karaoke keluarga di Kota Minyak. Pihaknya meninjau persiapan tempat usaha tersebut, untuk memastikan pemenuhan syarat protokol kesehatan. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak di berbagai ruangan, dan memastikan pengelola memiliki petugas khusus yang mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

Sementara itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan, Rabu (21/10/2020) hari ini melaporkan pertambahan 27 kasus terkonfirmasi positif, 32 selesai isolasi, dan tidak ada kasus meninggal dunia.

Jumlah terkonfirmasi didominasi riwayat tanpa gejala dengan 14 kasus. Selain itu, juga terdapat klaster keluarga di mana satu balita berusia 4 tahun, dan dua anak berusia 13 dan 14 tahun yang terkonfirmasi positif. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.