- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

RedDoorz Implementasikan Program Sertifikasi Kebersihan Hotel di Indonesia

INTREN.ID, JAKARTA – Platform pemesanan dan manajemen hotel online di Asia Tenggara, RedDoorz mengumumkan telah terdapat 70 penginapan RedDoorz yang berhasil mendapatkan sertifikasi “HygienePass”. Yang mana 300 properti lainnya akan menyusul disertifikasi pada Juli 2020 ini.

RedDoorz menargetkan setengah dari total 1.400 propertinya disertifikasi dan dapat dilihat sertifikasi tersebut di platform online RedDoorz dalam beberapa bulan mendatang. RedDoorz meluncurkan program sertifikasi bekerja sama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), lembaga terdepan di bidang kesehatan masyarakat yang menyediakan saran bagi industri pada kebijakan kesehatan.

Vice President Operations RedDoorz Adil Mubarak mengatakan, seiring dibukanya kegiatan ekonomi di Indonesia, permintaan akan perjalanan domestik semakin meningkat. Terlihat dari upaya masyarakat yang mulai merencanakan perjalanan di masa datang.

Wisatawan kini melihat faktor kebersihan dan higienitas sebagai hal yang paling penting ketika melakukan pemesanan hotel. Hal ini tercermin dari hasil survei yang RedDoorz lakukan di Indonesia, terdapat 65% responden menyatakan kebersihan adalah faktor paling penting ketika mereka akan melakukan pemesanan hotel di beberapa bulan mendatang.

“Kami bangga telah berhasil mengimplementasikan program sertifikasi ‘HygienePass’ di seluruh Indonesia, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang. Sejak diluncurkannya program ini, kami melihat semakin meningkatnya permintaan pelanggan kami terhadap penginapan yang bersih, yang mana kami memastikan bahwa higienitas dan sanitasi benar-benar diimplementasikan di seluruh properti kami,” beber Adil.

“Kami percaya bahwa kami mampu menerapkan standar pelayanan yang baik di masa setelah Covid-19 dalam hal higienitas dan sanitasi kebersihan di Indonesia. Kami berharap para pemilik hotel mendapatkan manfaat dari program sertifikasi ini yang akan membantu mereka untuk bangkit setelah didera krisis,” tambahnya.

- ADVERTISEMENT -

Raditya, salah seorang pemilik hotel RedDoorz yang propertinya telah mendapatkan sertifikasi, memberikan pendapatnya tentang keberhasilan implementasi program HygienePass. Menurut dia, sertifikasi HygienePass tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan hotel, tetapi juga kepada para tamu hotel yang menginap di hotel kami terutama di masa sulit ini.

“Dengan sertifikasi ini dan standar kebersihan yang kami implementasikan, siapa pun akan merasa aman dan nyaman berada di properti kami,” sebut Raditya.

Karena itu pihaknya berharap upaya yang dilakukan ini lebih dari cukup untuk memberikan kenyamanan bagi para pelanggan. Mengingat implementasi sanitasi yang kami lakukan merupakan yang terbaik di kelasnya.

“Kami yakin langkah ini sangat penting untuk dilakukan oleh pelaku industri perhotelan secara umum dan harus lebih banyak hotel yang mengimplementasikan sertifikasi ini,” tuturnya.

Ahli kesehatan masyarakat dari IAKMI Dr Hermawan Saputra mengatakan, program HygienePass merupakan upaya yang baik. Bukan hanya untuk hotel yang ikut serta, tetapi juga terhadap para karyawannya dan juga bagi para pekerja yang membutuhkan akomodasi di masa seperti ini.

“Program sertifikasi ini juga membantu industri turisme dan pariwisata secara umum, terutama ketika masyarakat sudah siap untuk bepergian di dalam negeri maupun ke luar negeri, membantu mereka untuk merasa aman ketika menginap di hotel yang telah mendapatkan sertifikasi HygienePass, jelas Hermawan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.