- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Real Madrid Juara La Liga Spanyol 2019-2020, Ini Sederet Fakta Keberhasilannya

INTREN.ID – Liga Spanyol musim 2019-2020 sudah mendapatkan juaranya. Adalah Real Madrid memastikan keluar sebagai yang terbaik dalam La Liga tahun ini usai di pekan 37 menekuk lawannya Villarreal, Jumat (17/7/2020).

Benzema menjadi bintang kemenangan Madrid setelah melesakkan dua gol, masing-masing di menit 29 dan 77.

Kemenangan ini membuat Los Blancos, julukan Real Madrid mengumpulkan 86 poin. Madrid unggul tujuh poin dari Barcelona yang mengekor di posisi runner-up klasemen sementara. Meski demikian, Barca dipastikan tak mampu mengejar ketertinggalan angka lantaran La Liga tinggal menyisakan satu pertandingan.

Keberhasilan Real Madrid menjadi juara Spanyol ini merupakan gelar ke-34 mereka sepanjang sejarah berdirinya klub yang berbasis di Madrid itu. Real Madrid pun tercatat sebagai perengkuh gelar La Liga terbanyak dibandingkan klub Spanyol mana pun. Dalam hal koleksi trofi ini, Madrid juga unggul atas Barcelona. Yaitu lebih banyak delapan trofi.

Dalam laga penentuan ini, Karim Benzema layak dianggap sebagai pahlawan. Lantaran penampilan fantastisnya pada tiga pekan terakhir La Liga yang berkontribusi pada keberhasilan Madrid merengkuh gelar. Apalagi semua gol dalam laga atas Villareal dicetak oleh penyerang keturunan Aljazair itu.

Bukan hanya gelar La Liga, gol yang dicetak Benzema itu juga turut berpeluang menjadikannya pencetak gol terbanyak Liga Spanyol 2019-2020. Dengan koleksi 21 gol, Benzema hanya tertinggal dua bola dari top skor sementara, pemain bintang Barcelona Lionel Messi.

- ADVERTISEMENT -

Bukan hanya Benzema yang cemerlang, kiper Madrid Courtois turut mencetak sejarah usai membawa Real Madrid juara Liga Spanyol 2019-2020. Pemain asal Belgia itu tercatat sebagai pesepak bola pertama yang meraih trofi Liga Spanyol bersama dua klub asal Kota Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid.

Sebelumnya Courtouis sempat membela Atletico Madrid dari 2011 hingga 2014. Kala itu di Liga Spanyol 2013-2014, Courtois berperan sebagai penjaga gawang utama saat Atletico Madrid keluar sebagai juara.

Real Madrid sendiri bisa dibilang layak memenangkan liga. Hal ini tercermin dalam sepuluh laga terakhir yang berhasil disapu bersih dengan poin penuh. Sepuluh kemenangan tersebut dianggap sebagai kunci Madrid keluar sebagai juara La Liga.

Pun demikian kesuksesan Madrid tak lepas dari pesaingnya, Barcelona yang tampil buruk. Dalam jumlah laga yang sama, Barcelona hanya meraih enam menang, tiga imbang dan satu kalah.

Kini usai memastikan kampiun La Liga, Madrid bisa dialihkan ke Liga Champions. Madrid kini tinggal memburu trofi keempat Liga Champions di bawah asuhan Zinedine Zidane. Sebelumnya Los Blancos keluar sebagai juara Eropa selama tiga musim beruntun yaitu 2015-2016, 2016-2017 dan 2017-2018. (***)

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.