Ratusan Ton Minyak Goreng Gagal Dikirim ke Luar Negeri, Safaruddin Berharap Tak Terjadi Kelangkaan Lagi

INTREN.ID, JAKARTA – Polri berhasil menggagalkan ekspor 162,6 liter minyak goreng secara ilegal ke Dili, Timor Leste, Kamis (12/5/2022). Jumlah itu setara 121,9 ton atau jika ditaksir, nilai jualnya mencapai Rp 3,7 miliar. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut.

Polisi menemukan delapan kontainer yang berisi minyak goreng kemasan dengan tiga merek berbeda. Yakni, Tropical, Tropis, dan Linsea. Untuk mengelabuhi petugas, diselipkan juga barang kebutuhan lainnya. Seluruh barang bukti disita di gudang peti kemas Pelabuhan Teluk Lamong, Kota Surabaya.

Anggota Komisi III DPR RI, Irjen Pol (Purn) Drs Safaruddin mengapresiasi kinerja Korps Bhayangkara itu. Menurutnya, langkah tegas harus diberikan kepada mafia minyak goreng yang dianggap merugikan negara dan menyengsarakan masyarakat Indonesia.

“Ini menunjukkan bahwa ada mafia minyak goreng di Indonesia. Apalagi sampai berani memalsukan dokumen. Semoga dengan pengungkapan ini, dapat memberikan efek jera kepada pelaku lainnya. Karena akivitas mereka tidak hanya merugikan masyarakat, namun juga berpotensi menyebabkan kebocoran keuangan negara,” kata anggota DPR RI Dapil Kaltim itu,.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, penindakan itu juga menjadi warning keras bagi mafia-mafia minyak goreng lainya. Karena instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelas, bahwa kebutuhan minyak goreng dalam negeri harus menjadi prioritas.

“Saya dan rekan-rekan di Komisi III DPR RI, serta seluruh masyarakat Kaltim mengapresiasi pengungkapan kasus tersebut. Semoga kelangkaan minyak goreng akibat ulah oknum tidak bertanggungjawab seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, termasuk di Kaltim, tidak terjadi lagi,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sebagai informasi, tersangka mengaku nekat mengekspor minyak goreng karena keuntungan yang didapat lebih tinggi. Mereka mendapat selisih harga hampir 100 persen atau dua kali lipat dari harga jual di Indonesia. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

 

FOLLOW ME

Get real time updates directly on you device, subscribe now.