Ratusan Penumpang KRL Jalani Tes Swab Corona

Diprioritaskan yang Berusia 50 Tahun ke Atas

INTREN.ID, BOGOR – Ratusan penumpang kereta rel listrik (KRL) menjalani tes swab di Stasiun Bogor di Kota Bogor, Senin (27/4/2020). Tes pada 350 orang ini dilakukan untuk menggambarkan kondisi penumpang KRL, sekaligus mendeteksi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Pegawai Stasiun Bogor dan penumpang KRL yang menjalani tes swab tampak duduk mengantre di dalam lobi stasiun. Antrean dilakukan dengan menerapkan jarak fisik yang sudah disesuaikan dengan aturan social distancing.

Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Iskandar Iqbal, mengatakan, dari tes swab massal ini, diharapkan dapat menggambarkan kondisi penumpang KRL yang ada. Tes swab dilaksanakan tim gabungan dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat ,Labkesda Provinsi Jawa Barat, serta Dinas Kesehatan Kota Bogor.

“Kalau ditemukan ada yang positif, kami lakukan penanganan lebih lanjut. Tes swab yang dilakukan hari ini, kami harapkan dalam waktu 3-4 hari sudah ada hasilnya,” sebut Iskandar.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu Divisi Pelacakan Kontak dan Deteksi Dini Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat, Dedi Mulyadi menyatakan, 350 orang yang menjalani tes swab di bagi menjadi dua kelompok. Yaitu 300 penumpang KRL serta 50 pegawai stasiun yang berhubungan langsung dengan penumpang.

Dari sekir 300 penumpang KRL, dibagi menjadi dua kelompok lagi yakni sekitar 200 penumpang berusia 50 tahun ke atas serta 100 penumpang berusia di bawah 50 tahun.

“Kami memprioritaskan kepada penumpang berusia 50 tahun ke atas. Dengan pertimbangan, memiliki risiko terpapar Covid-19 lebih tinggi, apalagi yang sudah memiliki penyakit bawaan,” tandasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.