Rancangan PKPU Pilkada 2020, Kampanye Dibatasi Maksimal 20 Orang

INTREN.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyusun Rancangan Peraturan KPU (PKPU) untuk mengatur tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di tengah pandemi Covid-19. Salah satu poin yang jadi sorotan adalah pelaksanaan kampanye.

Pelaksanaan pemungutan suara sudah ditetapkan pada 9 Desember 2020 mendatang. Sementara tahapan pesta demokrasi itu sudah dimulai pada Juni ini.

Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, jumlah peserta saat kampanye dibatasi. Pertemuan langsung dibatasi maksimal 20 orang yang digelar di dalam ruangan atau ruang tertutup.

“Kampanye hanya dibatasi maksimal 20 orang. Ketentuannya digelar di dalam ruangan atau gedung tertutup dengan jumlah peserta kampanye maksimal 20 orang,” jelas Raka, Sabtu (6/6/2020).

- ADVERTISEMENT -

Pelaksanaan kampanye tersebut, lanjut dia, harus sesuai dengan protokol kesehatan. Sehingga calon kepala daerah diwajibkan mengatur ruangan dengan memperhatikan jarak tiap peserta.

“Pengaturan ruangan dan tempat duduk harus memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” bebernya.

Mantan Ketua KPU Bali itu berharap, calon kepala daerah dapat mengganti kampanye secara langsung dengan mengganti teknologi. Di antaranya memanfaatkan media sosial dan media daring. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.