Ramai Isu Peleburan Mata Pelajaran Agama dengan PPKn, Ini Kata Mendikbud

INTREN.ID, JAKARTA – Isu peleburan pelajaran agama dengan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) ditanggapi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Kata dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak memiliki rencana seperti itu.

Nadiem menegaskan hal tersebut saat rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Senin (22/6/2020). “Tidak ada keputusan maupun rencana sampai saat ini untuk peleburan mata pelajaran agama dengan pelajaran lainnya,” sebutnya.

Kata Nadiem, pelajaran agama masih berdiri sendiri. Karenanya dia kembali menegaskan bila rumor peleburan yang beredar tersebut tidaklah betul.

- ADVERTISEMENT -

“Tidak ada dalam rencana kita ini (peleburan). Mata pelajaran agama masih stand alone (berdiri sendiri) sebagai subjek,” tegasnya .

Diketahui, kabar peleburan pelajaran agama dengan PPKn merebak via media sosial. Kemendikbud melalui Kabalitbangbuk Totok Suprayitno menyatakan memang sedang mengkaji perihal penyederhanaan kurikulum. Tetapi tidak ada rencana meleburkan mata pelajaran agama dengan PPKn. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.