Raih Pendapatan Bersih Rp 4,448 Triliun di Kuartal Tiga, Hero Siapkan Transformasi dan Revitalisasi Bisnis

INTREN.ID, TANGERANG SELATAN – PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group), Jumat (10/12/2021) hari ini menyelenggarakan public expose tahunan secara virtual guna menyampaikan kinerja perseroan selama sembilan bulan pertama pada tahun 2021.

Melalui keterangan tertulis yang diterima intren.id, perseroan turut menyampaikan informasi terkait perkembangan terbaru dari realisasi rencana transformasi multi-tahun dan revitalisasi bisnis untuk mewujudkan peningkatan kinerja jangka panjang.

Dalam acara tersebut, perseroan juga menyampaikan informasi tentang performa keuangan, serta bagaimana perseroan telah menghadapi tantangan terhadap perubahan kebiasaan berbelanja pelanggan serta berbagai capaian penting dari masing-masing brand.

Tahun ini, berdasarkan tinjauan strategi bisnis, Hero Group memastikan akan melakukan pengembangan bisnis dengan meningkatkan investasi pada brand utamanya, yakni IKEA, Guardian, dan Hero. Perseroan juga memanfaatkan luasnya jangkauan portofolio dan kemampuan Hero Group untuk dapat menanggapi adanya perubahan pola dalam memenuhi permintaan konsumen.

IKEA telah melakukan penambahan tiga gerai baru dan Hero Supermarket pun turut membuka enam gerai terbarunya di empat kota di Indonesia. Selain itu, Guardian juga terus memperluas jaringan dan memperkuat proposisi pelanggan. Seluruh capaian ini merupakan bagian dari rencana transformasi multi-tahun untuk memastikan bahwa seluruh bisnis perseroan menjadi lebih inklusif, terjangkau dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Perseroan berencana untuk menambah gerai-gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022 dan terus berupaya untuk melakukan investasi pada infrastruktur rantai pasok atau supply chain. IKEA diharapkan dapat melipatgandakan ruang bisnisnya dari level 2020 dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Perseroan juga akan mengembangkan pengalaman berbelanja yang baru dan menyenangkan bagi pelanggan serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Durasi terjadinya pandemi dan sejauh mana dampaknya terhadap Hero Group belum dapat ditentukan secara pasti. Namun, kami tetap yakin pada rencana transformasi multi-tahun untuk dapat meraih kesuksesan jangka panjang,” kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pelanggan dan segenap karyawan yang telah menjadi bagian dari perkembangan dan transformasi kami di tengah masa yang sulit ini.

“Kami berkomitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan kami dan memastikan agar kesejahteraan mereka tetap terjaga,” tambahnya.

Tinjauan Bisnis dan Finansial

Rencana transformasi multi-tahun masih berjalan dan di tengah proses realisasi agenda tersebut, perseroan meraih pendapatan bersih sebesar Rp 4.448 triliun pada kuartal tiga tahun 2021.

Meskipun pandemi memberikan dampak yang signifikan terhadap Hero Group, terutama dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan perubahan perilaku berbelanja pelanggan, perseroan telah berhasil mengatasi tantangan-tantangan tersebut dengan terus melakukan penyesuaian dan berupaya untuk mewujudkan peningkatan kinerja jangka panjang.

Dengan dukungan dari para pegawai dari seluruh bisnisnya, Hero Group yakin dapat menjadi bisnis yang lebih baik, berkelanjutan, dan lebih menguntungkan dari waktu ke waktu.

Saat ini, terdapat pola yang berbeda pada kebiasan berbelanja pelanggan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sebagian terjadi karena adanya pandemi dan PPKM. Hero Group berupaya untuk terus beradaptasi dengan kondisi tersebut agar dapat terus melayani kebutuhan pelanggan.

Maka, selain tetap menjalankan kegiatan di gerai-gerainya, Hero Group juga memanfaatkan platform online dan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan lain yang menyediakan layanan online agar tetap terkoneksi dengan pelanggan.

Sebagai bagian dari salah satu target dalam rencana bisnisnya, Hero Group terus memperkuat portofolio bisnisnya pada tiga brand, yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA. Di mana masing-masing brand tersebut telah melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya pada tiga bidang yang berbeda, termasuk retail modern, kesehatan dan kecantikan, serta perabot rumah tangga.

Saat ini, IKEA sudah membuka tiga gerai terbarunya di Bandung, Jakarta Garden City, dan Bali. Sejak awal tahun 2021, IKEA memiliki dua kali lebih banyak jaringan gerai dari total area yang sudah dimiliki sebelumnya.

Kontribusi dari e-commerce terus mengalami peningkatan. Hero Group juga memiliki rencana untuk melakukan transformasi beberapa gerai Giant menjadi gerai IKEA, yang diharapkan dapat semakin memperluas ruang bisnisnya dari level 2020 pada dua hingga tiga tahun ke depan.

Performa Guardian Health and Beauty turut terdampak secara signifikan pada pemberlakuan PPKM di Indonesia dan adanya perubahan pada kebiasaan berbelanja pelanggan. Performa penjualan juga terdampak dengan adanya PPKM. Dengan adanya keadaan tersebut, Guardian bermaksud untuk turut memanfaatkan platform online agar dapat menjangkau pelanggan, dengan tetap melanjutkan ekspansi gerainya guna mempertahankan posisinya di industri.

Hingga saat ini, Guardian memiliki lebih dari 270 gerai di berbagai kota besar di Indonesia dan berencana untuk menambah gerai Guardian secara signifikan di tahun 2022.

Hero Supermarket sudah menjalankan pengalaman berbelanja dan pembelian baru melalui platform online yang dapat memberikan jangkauan produk yang lebih luas serta produk lokal yang segar dan berkualitas tinggi. Selain itu, Hero Supermarket telah membuka enam gerai baru di empat kota di Indonesia. Seiring dengan Hero Group yang akan terus berkembang, perseroan berharap akan ada penambahan gerai-gerai baru di masa yang akan datang.

Dengan rencana transformasi yang sedang berjalan tersebut, perseroan akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menyediakan pengalaman berbelanja yang baru dan menyenangkan bagi pelanggan, dan di waktu yang sama menciptakan 2.000 lapangan pekerjaan baru selama tiga tahun ke depan.

Corporate Social Responsibility (CSR)

Melalui program “Hero Peduli”, Hero Group melanjutkan komitmennya dengan mengadakan corporate social responsibility (CSR) yang berfokus pada konservasi lingkungan dan hewan, pengembangan pendidikan, donasi pelanggan, dan pemberian bantuan kemanusiaan saat terjadi bencana alam.

Selama pandemi berlangsung, terdapat fokus perseroan untuk dapat membantu mengendalikan penyebaran virus Covid-19. Untuk membantu pemerintah yang terus berupaya mengendalikan situasi pandemi, perseroan melalui IKEA mendirikan pusat vaksinasi di Kota Baru Parahyangan, Jakarta Garden City, dan Graha Hero.

Perseroan juga mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal Indonesia melalui program “IKEA Teras Indonesia”. Inisiatif ini menjadi perwujudan komitmen IKEA untuk dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, IKEA menyediakan ruang pameran secara gratis untuk UMKM lokal yang ingin memamerkan dan memasarkan produk mereka. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.