Raih Nilai Tertinggi, Sastra Tamami Ditetapkan Jadi Komisioner KPU Batam

INTREN.ID, BATAM – Kursi kosong komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam kembaliterisi. Adalah Sastra Tamami yang ditetapkan menjadi komisioner KPU Batam setelah mendapatkan nilai tertinggi dalam proses seleksi. Keputusan itu berdasarkan surat dari KPU pusat nomor: 3/SDM.14-PU/05/KPU/VII/2020 yang  bertanggal 14 Juli 2020.

Kehadiran Sastra sebagai pelengkap komisioner KPU Batam yang kini baru berjumlah empat orang. Setelah sebelumnya terjadi prahara yang mengakibatkan diberhentikannya semua anggota KPU Batam priode 2018-2023 usai Pemilu 2019 lalu.

Sastra mengungkapkan, informasi dari Komisioner KPU Kepulauan Riau (Kepri) menyebut bahwa pelantikan dirinya masih akan menunggu intruksi dari pusat.

“Alhamdulillah, kemarin dapat info dari Pak Agung (Komisioner Divisi Hukum KPU Kepri) bahwa saya mendapatkan tanggung jawab untuk bergabung bersama KPU Batam,” ucap Sastra, Selasa (14/7/2020) saat dihubungi intren.id.

Secara keseluruhan, pria yang pernah bergabung menjadi bagian dari Batam TV tersebut telah siap untuk menjalankan amanah yang telah dipercayakan.

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari semua teman-teman. Insyaallah saya siap bergabung dan membantu menyiapkan pilwako tahun ini,” ungkapnya.

Diketahui, lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam sebelumnya diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia. Mereka diberhentikan dalam sidang putusan yang dilaksanakan 20 November 2019 lalu, yang mana putusan pemberhentian tersebut dibacakan oleh Ketua DKPP Harjono.

Dalam putusan tersebut, Ketua KPU Batam Syahrul Huda beserta para komisioner lainnya terbukti melanggar kode etik berat. Dalam surat tersebut, dijelaskan calon pengganti antar waktu (PAW) anggota KPU Kota Batam, Provinsi Kepri priode 2018-2023 berdasarkan peringkat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.