Puskesmas Mekar Sari Luncurkan Marikece, Bentuk Kelurahan Tangguh di Tengah Pandemi Covid-19

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Puskesmas Mekar Sari meluncurkan Aksi Perubahan Mekar Sari Kelurahan Cegah Covid-19 atau yang diakronimkan Marikece. Program yang diresmikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Terrace Cafe, Sabtu (21/11/2020), ini bertujuan agar Kelurahan Mekar Sari menjadi kelurahan yang tangguh dalam pandemi Covid-19.

Kepala Puskesmas Mekar Sari, drg Lily Anggraini menjelaskan, ada tiga program utama dalam Aksi Perubahan Marikece. Pertama, menyediakan layanan aplikasi berbasis Android dengan nama Marikece untuk membantu laporan terduga kasus Covid-19 dan layanan konseling bagi kasus isolasi mandiri. Layanan aplikasi ini sudah dapat diunduh melalui Play Store secara gratis.

“Kedua, kami memiliki program promotif dengan bekerja sama di berbagai fasilitas umum seperti tempat ibadah dan tempat perbelanjaan, kami membuat file audio yang isinya mengimbau masyarakat menjaga protokol kesehatan untuk diputar di tempat-tempat tersebut,” jelas Lily.

- ADVERTISEMENT -

Kemudian yang ketiga, bersama stake holders Kelurahan Mekar Sari melakukan upaya pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat, sekaligus mengawasi langsung setiap warga yang melakukan isolasi mandiri.

Dalam peluncuran tersebut, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan sangat mengapresiasi Aksi Perubahan Marikece. Menurutnya, di tengah pandemi seperti ini, peran kelurahan, kampung, atau rukun tetangga (RT) sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19.

“Selamat atas peluncuran Aksi Perubahan Marikece. Semoga ini menyemangati kelurahan lainnya untuk tangguh menghadapi pandemi Covid-19,” ungkap Rizal Effendi bersama Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.