Pusat Keramaian Banyak Melanggar Protokol Kesehatan, Ini Ancaman Pemkot Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Tim Pengawasan Terpadu menilai hingga saat ini masih banyak ditemukan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona baru (Covi-19) di berbagai pusat keramaian di Bontang. Seperti di kafe, pasar, pertokoan, dan usaha kuliner sebagaimana hasil pemantauan yang dilakukan.

“Pelanggarannya seperti tidak disediakan tempat cuci tangan, tidak ada kewajiban memakai masker bagi penyedia layanan atau pengunjung, tidak melakukan pembatasan pengunjung dan tidak adanya aturan saling berjaga jarak,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin dalam rilisnya.

Kata dia, tim pengawasan terpadu terus melakukan monitoring dan evaluasi fase pertama penerapan adaptasi perubahan pola hidup pada situasi pandemi Covid-19. Yang diberlakukan selama sebulan dari 1 sampai 30 Juni 2020.

“Jika ditemukan pelanggaran atau kepatuhan di bawah 50 persen, maka Pemkot Bontang akan melakukan pengetatan, penutupan kembali atau tindakan lain sesuai aturan perundangan,” ancamnya.

Untuk itu agar pengawasan berjalan maksimal, pihaknya juga mengajak masyarakat terlibat langsung dalam pengawasan di tempat-tempat keramaian ini. Sehingga diharapkan tempat-tempat tersebut tidak menjadi sumber penularan baru Covid-19 di Kota Taman.

“Tim pengawasan terpadu penerapan protokol kesehatan di bawah koordinasi kecamatan juga sejauh ini masih terus melakukan sosialisasi dan penertiban di tempat-tempat keramaian,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.