Punya Sarana dan Prasarana Lengkap, Irjen Kemenkumham Terkesan dengan Rutan Kelas IIA Batam

INTREN.ID, BATAM – Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Irjen Kemenkumham), Ir Razilu juga menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam, Kamis (23/09/2021).

Kedatangan Razilu yang didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepulauan Riau (Kepri), Husni Thamrin dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kepri, Dwinastiti langsung disambut yel-yel semangat pembangunan zona integritas oleh pasukan yel-yel WBK Rutan Batam.

Kemudian, Razilu bersama Kepala Rutan Kelas IIA Batam, Yan Patmos mendatangi ruang layanan kunjungan. Dia pun sangat terkesan dengan sarana dan prasana yang telah disediakan pada ruang layanan kunjungan Rutan Kelas IIA Batam.

Dirinya juga mengapresiasi hasil hasil produk warga binaan yang telah dipajang saat masuk di lingkungan rutan. “Produk-produk unggulan dan keterampilan warga binaan yang telah ada memang harus, dan wajib ditampilkan,” ucap Razilu.

Pada kesempatan itu, Yan Patmos juga memaparkan capaian dan kinerja dari semua jajaran petugas Rutan Batam.

“Rutan Kelas IIA Batam selama ini telah membangun tempat ibadah vihara, bengkel kerja, dan pos wasrik yang telah diresmikan oleh Kepala Kanwil,” ungkap Yan.

Dan Rutan Batam juga telah mendapat mobil tahanan dan bantuan ambulans dari Pemerintah Kota Batam, dan akan segera membangun ruang sidang online. Razilu pun mengaku puas dengan kunjungannya tersebut.

“Ada dua unsur penting dalam penilaian pembangunan zona integritas, yaitu unsur pengungkit dan unsur hasil,” kata Razilu.

Unsur pengungkit yaitu enam area perubahan dan unsur hasil adalah terwujud pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Rutan Batam melalui Pak Menteri telah diusulkan ke Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) untuk mengikuti tahapan penilai WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) lebih lanjut,” paparnya.

Terkait program unggulan keterampilan warga binaan dan pembangunan zona integritas, lanjut Razuli, adalah zero pungutan liar (pungli). “Zero penyimpangan semua itu mesti dijalankan bersamaan, serta di sisi lain, membangun sarana dan prasana juga mesti ada. Insya Allah, Rutan Batam telah memenuhi persyaratan itu, semoga bisa berhasil meraih WBK tahun 2021,” terang Razilu.

Di akhir kunjungannya, Razilu menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan jajaran pegawai dan tim yel-yel Rutan Batam sebelum berangkat menuju Ke Lapas IIA Batam untuk memberikan penguatan dan pengarahan. (***)

Reporter:  Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.