Puluhan Ribu Calon Siswa di Batam Bakal Daftar ke SD dan SMP Tahun Ini

INTREN.ID, BATAM – Pada 2020 atau tahun ajaran 2020/2021, akan ada sebanyak 40 ribu lebih calon siswa yang akan mendaftar sekolah di tingkat SD maupun SMP di Kota Batam. Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Hendri Arulan.

Untuk rinciannya ada sebanyak 21 ribu siswa lulusan TK yang akan masuk SD. Kemudian ada sebanyak 23 ribu anak yang telah lulus SD dan akan melanjutkan ke tingkat SMP.

“Apabila semuanya mendaftar ke sekolah negeri, artinya ada sekira 44 ribu calon siswa yang akan masuk mendaftar melalui aplikasi berbasis web,” ucap Hendri, Senin (15/6/2020).

Untuk saat ini telah ada 10 saluran penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam satu website yang diharapkan bisa mempermudah orang tua dalam melakukan pendaftaran sang anak. Dengan dibukanya proses PPDB sejak 10 Juni lalu, telah ada sebanyak 15 ribu calon peserta didik yang berhasil mendaftar di tingkat SD dan juga SMP. Yang diharapkan pada akhir waktu PPDB nanti seluruh siswa telah terdaftar.

- ADVERTISEMENT -

“Saat ini sudah masuk 15 ribuan, berarti sudah sekitar 30 persen. Waktu pendaftaran kita masih panjang, sampai 26 Juni nanti. Jadi masih terbuka kesempatan untuk mendaftar,” ungkap Hendri.

Dia juga menyampaikan untuk para orang tua yang masih mengalami kesulitan bisa menghubungi nomor Whatsapp (WA) khusus pendaftaran yang telah disiapkan tiap sekolah. Nantinya orang tua bisa mengirimkan foto dokumen persyaratannya ke nomor WA sekolah dituju. Kemudian operator sekolah yang akan membantu proses pendaftaran.

“Langkah-langkah ini disiapkan untuk mempermudah orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.