Puluhan Pokdarwis Dilantik, Bantu Pemerintah Kota Batam Kelola Destinasi Wisata

INTREN.ID, BATAM – Seketaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ardiwinata melantik 43 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Jumat (25/9/2020), keberadaan Pokdarwis ini diharapkan bisa menjadi mitra Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Dalam 43 Pokdarwis tersebut, beranggotakan 400 orang. Yang merupakan kelompok masyarakat sebagai pengerak sadar wisata dan sapta pesona di lingkungan destinasi wisata dengan masa bakti tahun 2020-2025.

Dalam sambutannya Jefridin mengatakan, tugas yang diberikan kepada Pokdarwis adalah mendata destinasi wisata yang sudah dikelolah. Sehingga Batam kembali menjadi daerah destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“SK (Surat Keputusan, Red.) sudah dibacakan. Mudah-mudahan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas sehingga Batam kembali menjadi daerah kunjungan wisata mancanegara,” harapnya.

Sementara itu Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengucapkan selamat atas dilantiknya Pokdarwis Kota Batam. Diharapkan setelah dilantik para anggota dapat merapatkan barisan dan menciptakan program yang mengairahkan dunia pariwisata.

“Di antaranya menyusun dokumen kerja tim, mendata Pokdarwis yang sudah terbentuk, mendata destinasi wisata yang dikelola pokdarwis sebelumnya, memverifikasi Pokdarwis, membuat program kerja, melakukan koordinasi Pokdarwis di kelurahan dan di kecamatan,” ungkapnya.

Diketahui pada 2019 lalu Kota Batam sebagai penyumbang terbesar wisatawan mancanegara setelah Bali. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.