Pulau Kaniungan yang Begitu Memesona, Destinasi Wisata Alam Menakjubkan di Kabupaten Berau

INTREN.ID, TANJUNG REDEB – Melihat peluang besar pariwisata Kabupaten Berau, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim, Hj Norbaiti Isran Noor mengingatkan agar masyarakat Teluk Sumbang dan Biduk-Biduk mampu memanfaatkannya dengan baik.

Caranya, terus mengembangkan berbagai olahan produk kerajinan, baik berupa kebutuhan sehari-hari bagi para pelancong, suvenir, maupun aneka jenis makanan ringan atau cemilan untuk dibawa pulang.

“Keindahan di sini tidak perlu diragukan lagi. Tidak banyak daerah punya yang seperti Kaniungan ini,” kata Norbaiti, Kamis pekan lalu saat berada di Pulau Kaniungan.

Ke depan, wisatawan domestik maupun mancanegara pasti akan lebih banyak datang berkunjung.

“Karena itu, masyarakat Teluk Sumbang, Biduk-Biduk, dan Berau harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik,” pesan istri Gubernur Kaltim ini.

Namun Norbaiti mengingatkan, meski para wisatawan secara umum ingin melihat keindahan alam dan pantai, masyarakat dan pengelola tempat wisata harus sungguh-sungguh memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung. Baik soal fasilitas umum, penginapan, kebersihan lingkungan dan lainnya.

Dia juga berharap pemerintah dapat membantu mempercantik lingkungan pulau tersebut, termasuk jalan lingkar untuk mengelilingi pulau tersebut.

Melengkapinya dengan fasilitas publik seperti toilet dan jaringan seluler agar di mana pun pengunjung berada bisa dengan mudah menggunakan telepon pintar mereka.

“Semakin banyak wisatawan yang datang, maka produk-produk UKM (usaha kecil menengah) bisa dijual di sini atau di Biduk-Biduk. Baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk oleh-oleh kembali ke daerah masing-masing,” tutup Norbaiti. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.