Puan Maharani Tinjau Lokasi IKN Nusantara, Budiono Pastikan Kota Balikpapan Siap Jadi Penyangga

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Ketua DPR RI, Puan Maharani meninjau langsung lokasi pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu (16/2/2022). Kunjungannya ke sejumlah lokasi kawasan IKN dilakukan untuk mengawal proyek tersebut.

Dalam kunjungannya tersebut, Puan didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

“Kita semua perlu mengingat bahwa lokasi ibu kota yang baru adalah sebuah kebutuhan dalam menyambut era baru kemajuan Indonesia,” kata Puan. Dalam kunjungan itu, cucu Proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno itu meninjau titik nol IKN Nusantara, Jembatan Pulau Balang, waduk, dan beberapa infrastruktur penunjang lainnya.

Lokasi titik nol menjadi yang pertama ditinjau oleh Puan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Di titik nol ini, nantinya kantor-kantor pusat pemerintahan dan lembaga tinggi negara akan dibangun, termasuk gedung DPR. Pembangunan di titik nol direncanakan dimulai pada semester dua tahun ini.

“Alhamdulillah hari ini saya sampai titik nol IKN, titik yang menentukan wilayah inti IKN,” kata Puan di tugu titik nol. Titik nol sendiri hanya berjarak 5 menit dari lokasi istana negara jika menggunakan kendaraan, tepatnya sejauh 4 kilometer.

“Sinergi, koordinasi dengan seluruh unsur bangsa. Dari elemen eksekutif, legislatif, dan jangan diputuskan oleh salah satu pihak saja. Sehingga rakyat dari awal juga sudah merasakan bahwa IKN Nusantara ini adalah milik kita bersama, bukan hanya urusan membangun gedung Pemerintah,” tambah mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Budiono yang ikut menyambut dan mendampingi Puan mengatakan, pihaknya menyambut baik pembangunan IKN Nusantara. Pasalnya, akan memberikan multiplier effect bagi kabupaten/kota di sekitarnya.

“Kota Balikpapan sebagai penyangga otomatis semakin maju dan pertumbuhan ekonomi semakin baik, serta rakyat sejahtera. Oleh karena itu, tentu harus meningkatkan sumber daya manusia, infrastruktur, kesehatan, dan air baku. Karena semakin banyaknya penduduk pendatang di Kota Balikpapan,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.