Program PIK dari Pemko Batam Dapat Apresiasi Masyarakat Hinterland, Tetapi…

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang telah menggulirkan program Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) di Mainland dan Hinterland menuai apresiasi positif.

Apresiasi disampaikan warga dari Pulau Buluh, Agus. Menurutnya sebelum adanya PIK, pelantar di kawasan tersebut berbahan kayu. Yang sebagian besar telah lapuk dan banyak menciderai anak-anak yang bemain di kawasan tersebut.

“Program PIK yang Pemko Batam gulirkan membawa manfaat yang besar bagi kami,” kata Agus, Rabu (15/7/2020). “Alhamdulillah, sebanyak 11 RT di Buluh ini pelantarnya sudah beton semua,” imbuhnya.

Manfaat pembangunan infrastruktur di kawasan Hinterland juga diakui warga-warga dari kelurahan lain. Seperti Kelurahan Bulang Lintang, Temoyong, Batu Legong, Pantai Gelam juga Kelurahan Setokok.

“Infrastruktur tidak hanya dikembangkan di Batam, tetapi memperhatikan kami juga yang di pulau-pulau kecil ini,” kata Haji Syukur, warga Pulau Bulang Lintang.

Tak hanya pembangunan Infrastruktur, warga juga meminta Pemko Batam memperhatikan kebutuhan sembako di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengungkap PIK telah berjalan sejak tahun lalu. Namun pada tahun ini, program PIK dihentikan sementara karena sebagian besar dana APBD dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Tahun ini PIK memang tidak ada dan kita semua memahami sekarang karena Covid-19 ini. Tetapi jangan khawatir kami sudah berkoordinasi dengan pusat, bantuan Rp 350 juta per kelurahan tetap ada,” sebutnya

Kata Rudi, sudah menjadi tugas dirinya bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad. Agar setiap warga Batam mendapat manfaat dari program yang digulirkan pemerintah. Menurut dia, pihaknya sejak awal berkeinginan infrastruktur di Batam merata hingga ke pulau-pulau.

Setelah pandemi ini berlalu, PIK akan kembali dianggarkan dengan nilai sekira Rp 1,8 miliar per kelurahan. Jika diakumulasikan dengan bantuan dari pusat, anggaran untuk kelurahan akan mencapai sekira Rp 2 miliar ke depan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.