Prihatin Musibah Kebakaran di Kota Balikpapan, Berharap Korban Diberi Kesabaran, Minta Polisi Usut Penyebabnya

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran yang terjadi di RT 27 dan 30 Kelurajan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Selasa (9/8/2022) menimbulkan duka. 10 rumah dan enam rumah toko (ruko) hangus diamuk si jago merah. 30 kepala keluarga yang terdiri dari 64 jiwa terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa yang menimpa warga tersebut. Dia berharap agar warga yang menjadi korban dapat sabar dan tabah dalam menghadapinya.

“Saya menyampaikan rasa keprihatinan dan duka mendalam atas peristiwa kebakaran tersebut. Semoga ada hikmah di balik musibah ini. Kita serahkan pengusutan penyebab kebakaran kepada pihak berwajib, masyarakat tidak perlu berspekulasi atau berandai-andai,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga meminta pihak berwajib mengusut tuntas kasus kebakaran tersebut. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun kejadian itu menimbulkan traumatis dan kerugian materiil bagi para korbannya. Mengingat jumlah bangunan yang terbakar banyak dan berada di pusat Kota Minyak.

“Kepolisian harus mengusut kejadian ini. Apapun hasilnya harus disampaikan kepada masyarakat. Sehingga tidak muncul beragam spekulasi di tengah-tengah masyarakat. Namun yang pasti, kejadian ini mengingatkan kita untuk lebih waspada akan bahaya kebakaran,” ujar Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Untuk diketahui, kebakaran terjadi Selasa sekira pukul 11.30 Wita. Api baru bisa dipadamkam sekira pukul 16.30 Wita. Petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kejadian itu. Beberapa warga di sekitar lokasi kejadian sudah dimintai keterangan.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan membuka posko kebencanaan di Masjid Agung At Taqwa yang tak jauh dari lokasi kejadian. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.