Prihatin Ada Korban Jiwa saat Kebakaran di Samarinda, Safaruddin Ingatkan Pentingnya Kesadaran Lalu Lintas

INTREN.ID, SAMARINDA – Kebakaran yang melanda sebuah ruko berlantai dua milik Amiruddin di Jalan AW Sjahranie, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Minggu (17/4/2022) menuai keprihatinan. Pasalnya, sebanyak tujuh orang diketahui tewas atas kejadian itu. Penyebabnya pun dipicu kecelakaan lalu lintas.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan saksi, mobil double cabin berwarna putih KT 8502 NN yang dikemudikan MR (23) ditemani RI (28), melaju dari arah Sempaja menuju Flyover Air Hitam, Jalan Juanda. Sebelum tiba di Samarinda dan kecelakaan, pengemudi berkendara lebih dari tujuh jam dari arah Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur. Diduga kelelahan, kendaraan oleng dan menabrak kios bensin. Kebakaran pun terjadi.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menyampaikan rasa keprihatinannya atas kejadian memilukan tersebut. Menurutnya, kejadian itu tergolong luar biasa. Sehingga harus mendapat perhatian lebih dari para pihak terkait, baik itu kepolisian maupun pemerintah.

“Terkait dugaan, kecelakaan sebagai penyebab utama terjadinya kebakaran harus diusut tuntas. Apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. Apakah ada faktor kelalaian pengemudi atau kondisi kendaraan yang memang tidak laik. Karena, pengujian kendaraan lapangan harus dilakukan enam bulan sekali,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan itu mengingatkan pentingnya kesadaran berlalu lintas. Hal itu sangat penting untuk menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas), serta dampak yang terjadi di sekitarnya. Karena itulah, partisipasi masyarakat dalam rangka menekan angka kecelakaan sangat dibutuhkan.

“Pelanggaran tata tertib lalu lintas menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran berlalu lintas sangat penting. Edukasi harus terus dilakukan di semua lini demi mencegah terjadinya kecelakaan. Mulai dari diri sendiri, keluarga, tempat kerja, dan lingkungan sekitar,” tutup Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

 

FOTO-FOTO KEBAKARAN SAMARINDA

Get real time updates directly on you device, subscribe now.