PPDB Online Tidak Dapat Diakses, Ini Kata Dinas Pendidikan Batam

INTREN.ID, BATAM – Sejak dibuka pertama kali, Rabu (10/6/2020) hari ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah negeri dan swasta tahun ajaran 2020-2021 di Batam menimbulkan persoalan. Portal pendaftaran tidak bisa diakses.

Dalam pantauan intren.id, portal http://ppdb-batam.id/ tidak dapat diakses. Alasannya, server sedang penuh.

“SAAT INI SERVER SEDANG PENUH DENGAN PENGUNJUNG. MOHON UNTUK MENUNGGU BEBERAPA SAAT LAGI. Out of memory,” bunyi pesan yang tertulis dalam laman tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batam, Hendri Arulan mengungkapkan, website atau situs PPDB tersebut bukan mengalami down, melainkan telah terprogram untuk membatasi jumlah pendaftar yang masuk, sebanyak seribu pendaftaran.

Kata Hendri, pembatasan seribu pendaftar tersebut bukan dalam waktu satu hari, melainkan pendaftar yang masuk ke website secara bersamaan.

“Memang jumlah pendaftar yang log-in ke website dibatasi, agar tidak terjadi down karena banyak pengunjung. Dan apabila dari seribu pendatar ada yang telah selesai, maka akan secara otomatis berganti dengan pendaftar lainnya,” ucap Hendri.

Menurutnya, satu peserta bisa membutuhkan waktu sekitar satu jam lamanya, dan website tersebut akan aktif selama 24 jam, sehingga bisa di akses kapan saja.

“Memang terbuka 24 jam, tapi para orang tua bisa memilih waktu senggang seperti malam atau pada subuh, agar proses nya lebih cepat,” ungkapnya.

Bahkan, Hendri mengungkapkan bahwa para pendaftar awal tidak memiliki prioritas diterima di sekolah tersebut, karena semua penermimaan harus memenuhi kriteria seperti umur untuk masuk SD dan jarak untuk masuk SMP pada jalur zonasi.

“Tidak ada prioritas, Sama halnya untuk jalur preastasi, jalur afirmasi maupun jalur perpindahan orang tua, semua harus sesuai syarat dan ketentuan,” paparnya.

Dengan berbagai pertimbangan dan keadaan saat ini, proses PPDB secara daring pun diperpanjang hingga 26 Juni 2020 mendatang.

“Tidak usah terburu-buru, tahapan ini masih sangat lama. Jadi para orang tua bisa mempersiapkan dan mencoba dengan sabar,” imbaunya. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.