Potensi Wisata Diharapkan Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Batam

INTREN.ID, BATAM – Berbagai cara terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk bisa mendorong pemulihan ekonomi yang telah melemah pasca pandemi Covid-19 yang melanda.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi kini mendongkrak potensi seluruh pariwisata di wilayahnya. Menurutnya, sektor ini sangat penting karena mampu menggerakkan perekonomian Batam.

Walau masih tumbuh secara lambat, Rudi optimistis pada 2021, Batam telah kembali normal. “Potensi pariwisata akan tumbuh jika wisman (wisatawan mancanegara, Red.) membuka akses masuk ke Kota Batam,” kata Rudi, Rabu (15/7/2020).

Mendukung hal tersebut, Rudi juga sudah menyurati pemerintah Singapura. Dia berharap dengan semua akses dibuka nantinya sektor pariwisata kembali menggeliat.

- ADVERTISEMENT -

Karena selain sektor pariwisata memiliki peran penting, selain itu ada juga sektor industri, konstruksi, dan perdagangan. Dengan semua tumbuh kembali seperti biasa, maka, pertumbuhan ekonomi Kota Batam Tahun 2021 diperkirakan sebesar 51-55 persen.

“Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 2,4-2,8 persen,” ujarnya.

Dengan perkiraan tumbuhnya ekonomi Batam, maka, inflasi Kota Batam 2021 juga diperkirakan meningkat sebesar 3-4 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 1,5 persen. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.