Posyandu di Balikpapan Sudah Kembali Dibuka, Penerapan Protokol Kesehatan Wajib Dilakukan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih dihadapi oleh semua negara, termasuk Indonesia, khususnya Kota Balikpapan membuat semua kegiatan terhenti. ⠀

Termasuk posyandu yang diwajibkan sebulan sekali untuk memeriksakan tumbuh kembang bayi dan balita di Kota Beriman. Setelah hampir delapan bulan dihentikan, kini posyandu mulai dibuka secara perlahan dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Bagi posyandu yang ingin beroperasi diwajibkan memiliki tempat yang luas dengan sirkulasi udara yang baik, setiap kader juga diharapkan memakai perlengkapan seperti masker, sarung tangan, face shield, juga kelengkapan di sekitar posyandu dari tempat cuci tangan hingga hand sanitaizer, dan pengunjung dibatasi per 10 bayi dan balita setiap jamnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarti.

Rabu (25/11/2020) siang, Andi bersama ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Balikpapan, Arita Rizal Effendi mengunjungi beberapa posyandu yang mulai beroperasi. Di antaranya Posyandu Mutiara Hati RT 46 Kelurahan Baru Ulu dan Posyandu Kusuma di RT 30 Kelurahan Sepinggan untuk melihat persiapan pembukaan kembali posyandu di Kota Balikpapan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.