Positif Tertular Corona, Anggota DPR RI Meninggal di Semarang

Sempat Bagi-Bagi Masker dan Penyanitasi Tangan di Pati

INTREN.ID, JAKARTA – Seorang anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Imam Suroso meninggal dunia, Jumat (27/3/2020). Anggota Komisi IX meninggal dunia di RSUP dr Kariadi Semarang itu diketahui positif mengidap virus corona baru (Covid-19), setelah sebelumnya masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sekretaris Fraksi PDIP DPR, Bambang Wuryanto menyatakan, Imam masuk ruang isolasi RSUP dr Kariadi dalam status positif Covid-19. Sebelum meninggal, rekannya itu sempat menjalani serangkaian aktivitas.

Rabu (18/3/2020), Imam mendarat di Semarang dengan pesawat yang terbang dari Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dia pulang ke daerah asalnya di Pati.

“Almarhum Imam Suroso masuk Pati sudah mulai mengeluhkan tubuhnya yang mulai meriang,” kata Bambang.

- ADVERTISEMENT -

Dua hari setelahnya, Jumat (20/3/2020), Imam senam pagi bersama warga Desa Saliyan, Bumi Walisongo Pati. Siang hingga sore, Imam beraktivitas di Kabupaten Kudus membagikan masker dan cairan penyanitasi atau hand sanitizer kepada warga di Pasar Puri Baru.

Imam mulai demam tinggi dan sesak napas pada Sabtu (21/3/2020). Ahad (22/3/2020) keesokan harinya, Imam dirawat di rumah oleh dokter pribadi di Pati dari pagi hingga sore. Malam harinya dia dibawa ke RSUP dr. Kariadi, Semarang dan langsung masuk ruang perawatan intensif atau ICU.

Menanggapi kematian ini, Pemerintah Kabupaten Pati langsung bergerak. Saat ini pemkab sedang menelusuri jejak Imam untuk menekan penyebaran corona.

Imam sendiri diketahui merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP selama tiga periode. Sebelum meninggal, Imam duduk di Komisi IX yang membidangi di antaranya kesehatan dan ketenagakerjaan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.