Positif Idap Corona, Belasan ABK KM Kelud Diisolasi di Pulau Galang

Tak Masuk ke dalam Catatan Kasus Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak 14 dari 40 Anak Buah Kapal (ABK) dari KM Kelud yang bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam pada Ahad (12/4/2020) lalu, dinyatakan positif terpapar virus corona baru (Covid-19). Sebagaimana hasil tes swab dari tim analisis Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, Kamis (16/4/2020).

“Total yang sudah kita periksa lab ada 15 orang, 14 positif sedangkan satu sisanya negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi.

Sementara itu 25 ABK lainnya, akan menjalini pemeriksaan swab yang dijadwalkan pada hari Jumat (17/4/2020). Sebelumnya dari 40 ABK, hanya satu orang yang menujukkan gejala batuk dan sesak napas seusai kapal KM Kelud tersebut bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Dari hasil rapid test didapati ABK tersebut reaktif Covid-19. Sehingga langsung dilarikan ke RSBP Batam. Sementara 39 lainnya menunjukkan hasil rapid test non reaktif, namun tetap diisolasi di RS Galang.

Tetapi pada Kamis (16/4/2020) lalu, keseluruhan ABK tersebut, telah berada di RS Galang. Sehingga diharapkan semua ABK itu dapat dimonitor dari satu pintu.

- ADVERTISEMENT -

Meski tercatat positif corona, namun Didi mengungkapkan bila keseluruhan pasien dari KM Kelud tersebut tidak akan masuk ke dalam catatan pasien untuk kota Batam. “Ini seperti mendapatkan hal yang tak terduga,” ujar Didi.

Hal tersebut juga sudah dikoordinasikan dengan kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, yang kini juga menjadi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri.

Diketahui, kini RS Khusus Covid-19 di Galang telah memiliki 43 pasien. Sebanyak 40 Pasien merupakan ABK, dengan 14 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19, satu negatif, serta 25 ABK lainnya masih menunggu proses. Kemudian tiga pasien lainnya merupakan anggota polri rujukan dari RS Bhayangkara Polda Kepri. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.