Positif Corona Tembus Lima Ribu, Sepuluh Daerah Terapkan PSBB

Jumlah Pasien Sembuh Terus Bertambah

INTREN.ID, JAKARTA – Jumlah pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia bertambah menembus angka lima ribu orang. Data terbaru Rabu (15/4/2020), ada 5.136 orang dengan pasien sembuh 446 orang serta pasien meninggal dunia sebanyak 469 orang.

“Hingga hari ini 36,431 spesimen sudah diperiksa terkonfimasi positif hingga saat ini 5.136 orang dan yang sembuh 446 orang. Kita bersyukur semakin banyak yang sembuh,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Jakarta, Rabu.

Dalam update terbaru, jumlah kasus yang terkonfirmasi positif bertambah 297 kasus. Sementara pasien sembuh bertambah 20 orang dan yang meninggal dunia meningkat 10 kasus.

Data itu menunjukkan penularan masih terjadi. Karenanya Yurianto mengajak segenap masyarakat untuk saling bahu membahu untuk memastikan tidak ada lagi terjadi penularan.

- ADVERTISEMENT -

“Karena itu hargai mereka yang melakukan isolasi diri di rumah. Jangan ada lagi diskriminasi terhadap mereka yang dinyatakan positif,” tambah Yurianto.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, 10 kota dan kabupaten sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meliputi DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Pekanbaru.

PSBB ini adalah upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Dia juga berharap masyarakat melaksanakan pembatasan aktivitas sosial dan jaga jarak fisik (physical distancing) sebagai kampanye yang awal mencapai tujuan tersebut.

Pembatasan aktivitas sosial ini bisa melindungi semua yang rentan terhadap penularan Covid-19. Yang pada akhirnya mengurangi angka penderita serta menyelamatkan jiwa. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.