Positif Corona Kembali Muncul di Bontang, Puluhan Orang Jalani Isolasi Mandiri

INTREN.ID, BONTANG – Adanya penambahan tiga kasus pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Bontang dalam sepekan terakhir, turut menambah jumlah orang tanpa gejala (OTG) yang ada di Kota Taman. Bahkan jumlahnya mengalami peningkatan yang cukup drastis. Per Kamis (16/7/2020) lalu, terjadi penambahan kasus OTG sebanyak 7 orang.

“Mereka merupakan teman bermain kasus BTG 17 yang pernah melakukan kontak erat,” ujar Kadiskes Bontang, dr Bahauddin.

Dia memaparkan, mereka yang pernah kontak erat tersebut kini telah dilakukan tes swab. Sembari menunggu hasilnya keluar, mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Kemudian pada Jumat (17/7/2020) kemarin, peningkatan kasus kembali terjadi. Sebanyak 17 orang baru ditetapkan sebagai OTG. Rinciannya, 5 orang pernah kontak erat kasus BTG 17, 9 orang pernah kontak erat dengan kasus BTG 18 dan kasus BTG 19, 1 orang kontak erat dengan KT2 (Wakil Gubernur Kaltim), serta 2 orang riwayat perjalan dari Nganjuk dan Surabaya.

Sehingga totalnya menjadi 24 OTG. “Semuanya saat ini melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Bahauddin meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati seiring dengan telah aktifnya berbagai kegiatan di masyarakat. Serta selalu mematuhi protokol kesehata dimanapun berada.

“Bagi warga Bontang yang ada kontak erat dengan kasus pasien positif di Bontang ataupun kasus di Kalimantan Timur yang baru diumumkan, seperti klaster KT2, dan klaster BNN, dimohon segera menghubungi PSC Call Centre untuk mendapatkan penatalaksanaan lanjutan,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Get real time updates directly on you device, subscribe now.