Polresta Samarinda Terjun ke Pasar-Pasar Semprotkan Disinfektan

Cegah Corona, Pendatang dari Luar Daerah Diminta Melapor ke Nomor 112

INTREN.ID, SAMARINDA – Berbagai pihak ikut berpartisipasi dalam melakukan penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Tak terkecuali jajaran Polresta Samarinda yang menginisiasi penyemprotan disinfektan di sepanjang ruas jalan protokol dan sejumlah pasar, Selasa (31/3/2020).

Dalam aksi ini, Polresta Samarinda terjun bersama TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, dan Satpol PP. Sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan dimulai sekira pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arief Budiman mengungkapkan, aksi bersama ini dilakukan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19. Penyemprotan pada Selasa itu dibagi menjadi tiga rute.

Cairan disinfektan ini disemprotkan ke jalan protokol dan sejumlah Pasar Tradisional yakni Pasar Segiri, Pasar Pagi dan Pasar Kedondong. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil water canon dan mobil pemadam kebakaran dari BPBD Samarinda.

- ADVERTISEMENT -

Selain dengan penyemprotan, upaya pencegahan dilakukan dengan cara sosialisasi terkait bahaya Virus Corona dan adanya Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020. Di antaranya, masyarakat diminta tidak mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan orang atau massa dalam jumlah besar, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

“Sosialisasi terus kami lakukan dan razia untuk meminta masyarakat yang berkumpul agar membubarkan diri. Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan,” ungkap Arief.

Pun demikian, pihaknya meminta setiap warga yang baru datang ke Samarinda, khususnya dari luar negeri dan zona-zona merah penyebaran Covid-19 di Indonesia untuk melaporkan ke nomor 112. Serta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. (***)

Reporter: Bambang

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.