Polresta Barelang Ringkus Lima Kurir Narkoba, Gagalkan Pengiriman Belasan Kilogram Sabu-Sabu

INTREN.ID, BATAM – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Narkoba Polresta Barelang berhasil meringkus lima kurir narkoba jenis sabu-sabu. Mereka diringkus saat akan melakukan pengiriman belasan kilogram narkoba ke Tembilahan, Rabu (26/8/2020) lalu.

Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto mengungkapkan, penangkapan dilakukan Satres Narkoba Polresta Barelang yang bekerja sama Tim Polda Kepri. Ada tiga kali penangkapan, pertama pada Rabu (26/8/2020) pukul 7.30 WIB di perairan Pulau Terong, Belakang Padang.

Dua lainnnya pada malam hari sekira pukul 22.30 WIB dan pada Kamis pagi di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Dari kelima tersangka, tiga di antaranya masih remaja berinisial YM (21) dan TS (21) warga Bengkong, Batam dan JM (23) merupakan warga Tembilahan. Dua tersangka lain adalah B (44)yang juga pelaku utama dan S (39), keduanya warga Tanjung Batu, Kabupaten Tanjung Balai Karimun.

“Kelimanya kami tangkap secara terpisah, bersama barang ini (narkoba),” ucap Yos Guntur.

Konferensi pers di Mapolresta Barelang, Selasa (1/9/2020) hanya menghadirkan satu tersangka. Karena empat lainnya masih menjalani pemeriksaan. Yos Guntur mengungkapkan barang haram tersebut berasal dari Malaysia yang akan dikirim ke Tembilahan dan ke Palembang namun melewati perairan Batam.

Satu warga Tanjung Batu berinisial W bertugas menjemput sabu-sabu yang telah berbentuk paket dan dimasukkan dalam kemasan biskuit di Pelabuhan Pulau Terong kini juga masih dalam pencarian pihak kepolisian.

Dua pelaku remaja berinisial YM dan JM bertugas melakukan penjemputan barang sebanyak lima paket yang direncanakan dibawa ke Palembang di Pelabuhan Tembilahan atas perintah warga Malaysia berinisial JJ (masih dalam pengejaran).

Dari hasil pengembangan, peredaran narkoba ini dikontrol pria berinisial R yang merupakan napi di Lapas Tembilahan yang kini juga dalam pengejaran.

“Yang bersangkutan telah kabur. Dua hari sebelumnya tim reskrim Narkoba Polresta Barelang ke lapas, hal ini disampaikan langsung oleh kalapas,” ungkapnya.

Setidaknya 11,5 kg sabu berhasil diamankan oleh Polresta Barelang sebagai barang bukti. Beserta lima unit ponsel beserta simcard.

Kini kelima tersangka terancam pasal 114 ayat 2 juncto pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1 Undang-undang 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara hukuman mati atau seumur hidup, atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman M Fathony

Get real time updates directly on you device, subscribe now.