Polresta Barelang Belum Punya Persiapan untuk Karantina Wilayah

Disebut Masih Sebatas Perencanaan

 

INTREN.ID, BATAM – Karantina wilayah yang akan dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhamad Rudi. Namun ternyata, pihak kepolisian dari Polresta Barelang belum memiliki persiapan terkait rencana tersebut.

Kapolresta Barelang AKBP Purwadi Wahyu Anggoro, mengatakan, karantina wilayah tersebut baru sebatas perencanaan. Namun belum ada perealisasian.

“Wacana telah ada, tetapi belum akan dilaksanakan,” kata Purwadi, Rabu (1/4/2020).

Malahan dia menyebut, untuk penutupan Jalan Imam Bonjol yang telah dilaksanakan sejak 30 Maret yang rencananya dilakukan hingga 9 April mendatang, bakal ditiadakan sejak Rabu (1/4/2020) hari ini.

“Untuk penutupan jalan telah kami laksanakan. Tetapi akan kami buka kembali. Dan kami akan terus melihat situasinya,” terang Purwadi.

Sebelumnya Wali Kota Batam Muhammad Rudi berencana memberlakukan karantina wilayah untuk Kota Batam selama dua pekan. Tujuannya demi menekan penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Hal tersebut telah menjadi keputusan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam. Penekanan dari karantina wilayah ini adalah physical distancing atau jaga jarak fisik.

Pemko juga berencana menyiapkan sembako yang dibagikan kepada warga pada saat Karantina Wilayah berlangsung.

Rencana karantina wilayah ini lantas mendapat berbagai tanggapan dari para warga. Khususnya terkait pembagian sembako saat karantina wilayah diberlakukan.

“Kalau saya sih setuju, kalau pemerintah mau melakukan karantina wilayah, tetapi harus dipikirkan benar kebutuhan sembako para masyarakat yang masuk dalam wilayah tersebut. Jangan sampai terbebas dari corona tapi mendapatkan penyakit lainnya,” kata Isminarto, warga Sei Beduk, Kota Batam.

“Kalau tidak dipikirkan dengan benar, bagaimana nasib para pekerja harian seperti kami jika tidak bekerja,” ucap Heri, warga lainnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.