Polresta Balikpapan Amankan 5 Kilogram Sabu-sabu, 15 Ribu Orang Selamat dari Pengaruh Narkoba

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Polresta Balikpapan berhasil mengamankan 5 kilogram sabu-sabu dari empat pelaku yang diamankan. Ini merupakan tangkapan narkoba terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Dalam pengungkapan ini, terdapat dua tempat kejadian perkara (TKP), yakni Prapatan dan Kampung Baru. Bahkan, salah satunya berupa gudang yang dari informasi menyimpan 10 kilogram sabu-sabu. Namun hanya 5 kilogram yang berhasil diamankan.

“Alhamdulillah kita bisa mengamankan 5 kilogram sabu-sabu, berikut empat tersangka dari dua TKP. Awalnya menangkap pengedar di lapangan, kemudian dikembangkan ke jaringan berikutnya di TKP,” jelas Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi.

Dari pengecer, polisi berhasil mengamankan 50 gram sabu-sabu. Lalu, dikembangkan ke jaringan, ternyata di gudang ditemukan. “Dan dari kurir kita kembangkan lagi. Dari kurir itu kita tangkap yang 5.056 gram, tapi dari pengembangan semua jadi 5.176 gram,” bebernya.

Dari informasi, pengungkapan pelaku ini merupakan jaringan lama yang ada kaitan dengan jaringan Gunung Bugis yang awalnya Kampung Narkoba.

“Kita ubah kampung itu, image-nya kita bersihkan, semua membentengi diri. Itu kami terus berlanjut, sehingga awal 2020 baru menjabat kita sudah mengungkapkan 1,6 kilogram. Komitmen itu memotivasi kami memberantas narkoba melibatkan semua elemen dan media, akhirnya kita mampu mengungkap yang sekarang ini,” terangnya.

Turmudi mengatakan, pengungkapan 5 kilogram sabu-sab merupakan rekor terbaru. Sebelumnya pihaknya menggagalkan 1,6 kilogram siap edar di Balikpapan.

“Ini bukan soal rekor atau apa, tapi ini bentuk komitmen kita, ternyata di Balikpapan kalau kita serius, semua masyarakat ikut membantu terlibat dalam memerangi narkoba, ya hasilnya Alhamdulillah,” tuturnya.

Dengan 5 kilogram sabu-sabu yang diamankan, diperkirakan dapat menyelamatkan 15 ribu orang dari pengaruh narkoba. “15 ribu kita bisa menyelamatkan generasi muda kita, dari bahaya norkoba,” tukasnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.