Polisi Batam yang Positif Terjangkit Corona Terus Bertambah

Perawatan Kesehatan Dimaksimalkan, Polda Kepri Klaim Kondisinya Stabil

INTREN.ID, BATAM – Satu lagi pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Kota Batam bertambah. Pasien tersebut merupakan anggota kepolisian yang bertugas di salah satu Polsek di Batam dengan nomor pasien 30.

Hal tersebut berdasarkan hasil swab Tim Analisis BTKLPP Batam yang keluar pada Ahad (26/4/2020). Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, mengatakan, pasien berinisial EPB (37) adalah rekan satu tim dari suami pasien nomor 15 di Kota Batam yang merupakan ASN terkonfirmasi positif Covid-19 pada 15 April 2020 lalu.

Kata Didi, pasien tersebut sebelumnya menjalani isolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri sejak Kamis (16/4/2020) lalu, bersama empat rekan lainnya. “Yang bersangkutan kini dalam keadaan stabil, bahkan masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Didi.

Pasien dirujuk ke Rumah sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam setelah melakukan pengondisian ulang di rumah sakit tersebut. Sebelumnya RSBP Batam tidak bisa menerima pasien laki-laki. “Alhamdulillah, pasien kini telah sampai di RSBP,” kata dia.

Sementara untuk suami dari pasien Nomor 15 di kota Batam hingga saat ini belum menjalani swab. Dikarenakan persediaan bahan pendukung untuk melakukan swab telah habis. Yang bersangkutan saat ini masih menjalani Isolasi secara mandiri.

Beberapa hari sebelumnya, intren.id telah mengonfirmasi keadaan para personel tersebut kepada Kabid Humas Polda Kepri Kombes pol Harry Goldenhardt. Harry menyampaikan para personel tersebut dalam kondisi baik.

Bahkan selama menjalani Isolasi di rumah sakit tersebut, pihaknya menerapkan perawatan kesehatan seperti pemberian vitamin penguat tubuh. Melengkapi kecukupan makan yang mengandung gizi untuk tubuh, hingga menjaga kebugaran dengan berolahraga, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi langsung.

“Banyak kegiatan yang diterapkan kapada mereka. Untuk menguatkan imun, menjaga kebersihan diri dan selalu kita jaga agar tidak boleh stres,” kata Harry. Sementara untuk jam besuk kepada para personel yang masih dilakukan karantina, saat ini diganti melalui sarana video call.

Sebelumnya, tujuh personel Polda Kepri dilakukan isolasi seusai pulang mengikuti Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) di Sukabumi, Jawa Barat. Tiga di antaranya dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan kini telah dirawat di RS Khusus Covid-19 di Galang.

Sementara lima Personel lainnya yang kini diisolasi di RS Bhayangkara, merupakan jajaran dari Polsek Galang, setelah istri dari seorang polisi di Polsek Galang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19. Satu orang lainnya hanya melakukan isolasi secara mandiri di kediamannya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.