Polemik Pemilihan Ketua RT 38 Berbas Tengah, DPRD Bontang Minta Diselesaikan Secara Kekeluargaan

INTREN.ID, BONTANG – Sejumlah warga melaporkan persoalan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 38 Kelurahan Berbas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, kepada wakil rakyat, Senin (22/3/2021). Mereka memprotes hasil pemungutan suara yang dinilai tidak transparan.

Komisi I DPRD Bontang pun memfasilitasi persoalan itu dalam rapat dengar pendapat (RDP). Ketua Komisi I DPRD Bontang, H Muslimin mengatakan, pihaknya mencoba memfasilitasi persoalan tersebut dengan harapan adanya penyelesaian yang terbaik.

“Jadi ada laporan dari warga yang juga calon ketua RT kepada kami terkait tidak adanya transparansi dalam pemilihan RT. Menurut pelapor, prosedur pemilihan tidak sesuai regulasi yang ada, serta tidak ada sosialisasi kepada masyarakat terkait pendaftaran pemilihan ketua RT,” kata politisi Golkar itu.

Muslimin menambahkan, atas pengaduaan tersebut, pihaknya masih menampung aspirasinya. Dijelaskan, pendaftaran pemilihan ketua RT harus mengacu pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Kemasyarakat Kelurahan.

“Kami menyarankan agar persoalan tersebut diselesaikan melalui musyawarah, dengan melibatkan tokoh masyarakat, panitia penyelenggara, dan seluruh warga. Sehingga ada jalan keluar terkait persoalan ini,” tutupnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.