Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan Ganja Kering dari Medan

Amankan Paket 6 Kg, Ringkus Empat Tersangka di Pelabuhan Sekupang

INTREN.ID, BATAM – Polda Kepri berhasil meringkus empat orang tersangka penyelundupan ganja, Ahad (19/4/2020). Dari penangkapan itu, Tim Subdit III Ditrektorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) di bawah pimpinan AKBP Arthur Sitindaon berhasil mengamankan ganja kering seberat enam kilogram (kg) di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Dirresnarkoba Polda Kepri Kombes Pol Muji Supriyadi mengatakan, awal mula penangkapan karena adanya informasi perihal penyelundupan ganja itu. Tim lantas bergerak menuju ke Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam sekira pukul 16.30 WIB.

Pada saat penangkapan, tim sempat mendapat perlawanan dari kedua pelaku laki-laki yang berinisial R dan B serta satu orang perempuan berinisial A. Ketiganya lantas berhasil diringkus.

Bukan hanya tiga orang tersebut, tim juga berhasil mengamankan satu orang lagi tersangka berinisial N yang menunggu di luar pelabuhan. N diketahui sebagai orang yang akan melakukan penjemputan terhadap ketiga pelaku.

“Daun ganja kering tersebut dikemas dalam kemasan satu kilo dan dimasukkan ke dalam ransel,” ucap Supriyadi, Senin (20/4/2020).

Tim kemudian membawa tersangka dan barang bukti ke Mapolda Kepri untuk pemeriksaan dan pengembangan terkait jaringan lain dari para tersangka. “Dari hasil pemeriksaan kita, barang ini berasal dari Medan dan akan dipasarkan di Kota Batam,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, atas perbuatannya, para pelaku diancam dengan Pasal 114 Ayat (2) dan Pasal 111 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

” Untuk ancaman adalah hukuman mati atau pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun,” jelas Harry. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.