PLN Tangguhkan Pencatatan Meter Listrik Pelanggan

Antisipasi Penyebaran Corona, Masyarakat Diimbau Bayar Tagihan melalui Online

0 8,006

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

INTREN.ID, JAKARTA – Proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter atau meteran listrik pelanggan PLN ditangguhkan sementara waktu. Penangguhan ini sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Virus Corona baru (Covid-19).

Sebagai gantinya, PLN menerapkan kebijakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir untuk pelanggan pasca bayar. Hal ini berlaku untuk pembayaran rekening bulan April, seluruh Indonesia.

Senior Executive Vice President (SEVP) Departement Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono mengungkapkan, untuk pembayaran rekening bulan April, perhitungannya menggunakan data dari historis rata-rata pemakaian kWh pada bulan Desember, Januari dan Februari.

“Hal ini kami lakukan untuk menghindari pembaca/ pencatat meter melakukan kunjungan ke rumah-rumah pelanggan. Sehingga upaya pencegahan penyebaran Virus Corona sebagaimana yang menjadi imbauan pemerintah untuk melaksanakan work from home dan physical distancing dapat berhasil,” sebut Yuddy, Kamis (26/3/2020).

Dengan kebijakan ini, PLN berharap pelanggan merasa tenang. Serta tidak perlu repot dan khawatir untuk berinteraksi dengan petugas.

- Advertisement -

Kata dia, jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan meteran listrik terakhir dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan. Sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan.

Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123. PLN juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisasi kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.

“Sebagai upaya preventif mencegah penularan Covid-19 kami mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online,” sebut Yuddy.

Pembayaran listrik dapat dilakukan melalui berbagai fasilitas pembayaran meliputi ATM, internet banking, SMS banking. Juga melalui aplikasi dompet digital seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

Pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online melalui contact center PLN 123 ataupun aplikasi PLN Mobile. Baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More