Pjs Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Jadikan Batik Sebagai Identitas Bangsa

INTREN.ID, BATAM – Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober membuat Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengajak masyarakat menjadikan batik sebagai identitas bangsa.

Syamsul berharap warga Batam di semua kalangan makin mencintai batik, terlebih Kota Batam yang kini telah punya ciri khas batiknya sendiri.

“Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita jadikan batik sebagai identitas bangsa,” ucap Syamsul, Jumat (2/10/2020).

Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus melestarikan batik di semua kalangan. Tujuannya agar masyarakat makin bangga dan cinta menggenakan batik.

Batik merupakan sebuah teknik mendekorasi kain menggunakan lilin untuk menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni. Kain dilukis dengan cairan lilin menggunakan alat bernama canting.

Batik Indonesia bahkan dikenal sejak abad ke-4 atau ke-5. Teknik dan desain batik Indonesia begitu banyak dan berbeda-beda dari berbagai daerah. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan daerah dan budaya masing-masing tempat.

Syamsul juga berharap pemerintah juga terus menumbuhkan dan mempromosikan batik nasional maupun daerah agar makin dikenal. “Apalagi Batam sudah punya batik khas sendiri. Kita harus bangga,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.