Pilkada Samarinda: Barkati-Darlis Diusung Demokrat, Terima SK Langsung dari AHY

INTREN.ID, JAKARTA – pasangan Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi resmi mendapat rekomendasi dari Partai Demokrat untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda. Surat Keputusan (SK) dukungan partai berlambang segitiga mercy diserahkan langsung ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

SK diterima langsung Barkati. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya juga tampak. Bahkan ketua DPD Partai Demokrat Kaltim Syaharie Jaang juga menyaksikan penyerahan melalui video call.

Dukungan dari DPP Partai Demokrat melalui SK yang bertanggal 22 Juli 2020 dan ditandatangani langsung oleh AHY dan Teuku Riefky Harsya.

“Menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Periode 2020-2025 yaitu Muhammad Barkati Sebagai calon wali kota dan Muhammad Darlis sebagai calon wakil wali kota,” bunyi petikan SK tersebut.

Dalam SK tersebut juga tercantum tiga poin penjelas. Pertama, pasangan calon tersebut l diusung dan didaftarkan oleh Partai Demokrat ke KPU Kota Samarinda. Kedua, SK ini disampaikan kepada DPC Partai Demokrat Kota Samarinda dan DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan berlaku.

Ketiga, SK keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, surat dukungan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) bertanggal 31 Maret 2020 juga telah menetapkan pasangan Barkati-Darlis dalam Pilkada Samarinda.

Dukungan Partai Demokrat menambah kekuatan politik untuk melenggang dalam Pilkada Samarinda. Saat ini, Partai Demokrat di DPRD Samarinda memilki 5 kursi dan telah menggenapi jumlah kursi pengusung menjadi 9 kursi bersama PAN sebanyak 4 kursi. Dengan 9 kursi, sudah cukup untuk mengantarkan pasangan itu. (***)

Reporter: Lukman Maulana
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.