Pilkada Mundur, 209 Pemda Terancam Tanpa Kepala Daerah

INTREN.ID, JAKARTA – Penundaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mau tidak mau harus dilakukan. Hal itu seiring dengan kondisi darurat kesehatan akibat wabah Covid-19 alias corona.

Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebanyak 209 kepala daerah bakal habis masa jabatannyaa pada awal tahun 2021. Sedangkan sisanya mengikuti mulai dari Maret hingga September 2021.

Bisa saja Kemendagri memperpanjang masa jabatan para kepala daerah tersebut. Namun hal itu bisa saja menimbulkan masalah baru. Terutama jika dikaitkan dengan kepentingan politis. Mengingat tidak sedikit kepala daerah petahana yang akan maju pilkada.

Opsi lainnya, seluruh pemerintah daerah (pemda) dipimpin oleh penjabat. Dengan demikian, bisa dipastikan jika Kemendagri harus menyiapkan banyak penjabat untuk mengisi kekosongan jabatan di pemda.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini mengatakan, menyiapkan penjabat dalam jumlah banyak tidak mudah. Apalagi dilantik secara bersamaan.

Dia pun menyarankan agar jabatan sekretaris daerah (sekda), bisa secara otomatis diangkat menjadi penjabat kepala daerah. Namun, jika sekda ikut dalam pesta demokrasi, diisi pejabat selevel atau di bawahnya.

“Jadi, pengisian kekosongan masa jabatan lebih simpel,” ujarnya, Jumat (10/4/2020).

Terkait opsi memperpanjang jabatan kepala daerah, menurut Titi kurang tepat. Menurutnya, hal itu dapat menimbulkan ketidakadilan karena melampaui periode kepemimpinan, yakni lima tahun.

“Kalau yang diperpanjang masa jabatannya adalah petahana, bisa merugikan kontestan lain,” imbuhnya. (***)

 

AKHIR JABATAN KEPALA DAERAH

  • Februari 2021: 209 Kepala Daerah
  • Maret 2021: 13 Kepala Daerah
  • April 2021: 17 Kepala Daerah
  • Mei 2021: 11 Kepala Daerah
  • Juni 2021: 17 Kepala Daerah
  • Juli 2021: 1 Kepala Daerah
  • Agustus 2021: 0 Kepala Daerah
  • September 2021: 2 Kepala Daerah

Sumber: Kemendagri

 

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.