Petugas Medis RSUD Embung Fatimah Jemur Diri, Ada Apa?

Cegah Penularan Virus Corona, Ikuti Imbauan Wali Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Petugas medis di RSUD Embung Fatimah melakukan kegiatan berjemur diri langsung di bawah sinar matahari langsung, Jumat (27/3/2020). Kegiatan ini sesuai imbauan dari Wali Kota Batam tentang salah satu cara melawan penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Kegiatan berjemur itu dilakukan secara bergantian dan terus-menerus oleh para petugas, di sela-sela pelayanan kepada masyarakat.

“Kami jika adalah warga Batam, dan sesuai imbauan wali kota, kami melakukan aktivitas berjemur ini,” ucap Humas RSUD Embung Fatimah Novi. Dengan durasi sekira 15 menit, para perawat kemudian melanjutkan pelayanan kembali.

Bukan sekadar berjemur, beberapa perawat juga menambahkan gerakan seperti senam, untuk melemaskan dan juga merilekskan otot.

“Tidak wajib (berjemur), ini kan sifatnya imbauan. Kalau kami wajibkan nanti akan mengganggu pelayanan, jadi kami hindari,” terang Novi.

- ADVERTISEMENT -

Dia juga mengajak para masyarakat untuk ikut melakukan imbauan dari Wali Kota Batam tersebut. Yaitu di sela-sela kegiatan di rumah atau saat bersantai.

“Sekira pukul 10.00 hingga 11.00 WIB dan pada 16.00 hingga 17.00 WIB adalah waktu terbaik untuk berjemur, minimal waktunya 15 menit,” ajaknya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam edarannya mengimbau masyarakat untuk berjemur dalam kondisi wabah Covid-19 ini. Lantaran sinar matahari mengandung Ultraviolet-B yang diklaim baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Berjemur di matahari pagi cukup 30 menit. Waktu terbaik 09.30-10.30 WIB. Mengandung provitamin B3 untuk membentuk Vitamin D3 yang menjadi sumber kekebalan tubuh melawan penyakit,” tulis Rudi dalam poster media center Pemkot Batam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.