- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Petugas Bongkar Paksa Lapak Pedagang di Bahu Jalan Pasar Tamrin Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Tindakan tegas ditunjukkan para tim aparat gabungan kepada pedagang yang masih membandel berjualan di bahu jalan Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin) Bontang, Rabu (29/7/2020).

Tim yan terdiri dari Diskop-UKMP, Satpol PP, Dishub, dan Polres Bontang itu membongkar paksa lapak para pedagang yang masih nekat berjualan meski sebelumnya sudah diberikan peringatan.

Ketua Tim Kota Penataan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Zulkifli mengatakan, penindakan ini merupakan kelanjutan hasil peringatan sebelumnya. Bagi mereka yang diketahui memiliki lapak di bangunan baru Pasar Tamrin, maka mereka diminta untuk mengisinya. Namun bagi mereka yang tidak memiliki lapak, masih akan dicarikan solusinya oleh Pemkot Bontang.

“Kami untuk saat ini fokus di satu lokasi ini dahulu. Ke depan lokasi yang lain akan kami tertibkan juga,” ujarnya.

Diketahui, berdasarkan pendataan yang dilakukan Diskop UKMP Bontang, ada sekira 45 lapak yang akan dibongkar di sekitaran Jalan KS Tubun. Mulai samping kiri bangunan pasar baru, hingga menuju jembatan KS Tubun.

- ADVERTISEMENT -

Rencananya, beberapa hari ke depan penertiban sekaligus pengawasan di lokasi tersebut masih akan dilakukan tim aparat gabungan. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya pedagang-pedagang yang kembali membandel berjualan di bahu jalan tersebut.

Penertiban ini sendiri sebelumnya sempat mendapat penolakan dari pedagang. Salah satu pedagang ikan di bahu jalan, Arifuddin mengaku keberatan dengan adanya aturan ini. Pasalnya, mereka berjualan juga untuk mencari nafkah untuk keluarga di rumah.

Namun karena dirinya merasa sebagai warga negara yang baik, maka mau tidak mau dia dan rekan-rekan pedagang ikan lainnya harus menaati aturan tersebut. “Rencana akan kami bongkar. Kami akan izin ke pemilik tanah kosong di belakang ini untuk izin berjualan di situ sebagai lokasi pengganti kami,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.