Petani Gagal Panen, Harga Bawang Merah Melonjak Jelang Lebaran

INTREN.ID, BONTANG – Harga bawang merah di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami lonjakan. Ini diketahui usai Tim Gabungan Ketahanan Pangan Pemkot Bontang turun langsung ke tiga pasar guna memonitoring harga dan pasokan ke para agen dan pedagang, Rabu (21/5/2020).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, Debora Kristiani mengatakan, Menjelang hari raya Idulfitri 1441 Hijriah, secara umum pasokan komoditas pangan di sejumlah pasar tradisional di Bontang dinilai aman dan tercukupi.

Dari hasil monitoring, ditemukan sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga. Di antaranya daging ayam ras dan bawang merah.

Untuk daging ayam ras, yang sebelumnya dijual Rp 100 ribu dapat 3 ekor, kini per ekornya dijual Rp 55 ribu. Begitu juga dengan bawang merah, yang sebelumnya Rp 38 ribu sampai 40 ribu per kilogramnya, kini dijual Rp 58 ribu sampai Rp 65 ribu.

“Gejolak harga bawang merah ini memang terjadi secara nasional. Faktornya, karena banyaknya permintaan, namun stok kurang akibat adanya gagal panen dari petani,” ujarnya.

Namun Ketua Tim Ketahanan Pangan Bontang itu menuturkan, berdasarkan informasi dari agen dan pedagang di pasar, dalam satu atau dua hari ke depan, akan ada pasokan bawang merah yang masuk sebanyak 2 ton. Sehingga diharapkan harga bawang merah bisa kembali normal.

Keadaan berbalik justru terjadi pada bawang putih. Yang sebelumnya per kilogramnya dijual seharga Rp 55 ribu, kini turun menjadi 35 ribu. Begitu juga dengan gula pasir, yang sebelumnya saat awal Ramadan bergejolak hingga Rp 19 ribu per kilogramnya, kini perlahan turun di harga Rp 16-18 ribu.

“Secara umum pengunjung pasar sudah mulai ramai kembali. Namun seperti pedagang di Pasar Telihan, mereka tidak menyetok pangan dalam jumlah besar karena modalnya yang mahal dan pembelinya sepi. Namun begitu, barang tersebut tetap ada dijual walaupun stoknya sedikit,” sebutnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.