Pesona Gunung Rinjani, Gunung Berapi Tertinggi Kedua di Indonesia

INTREN.ID, LOMBOK TIMUR – Anda pecinta alam dan penikmat gunung? Belum lengkap rasanya jika Anda belum merasakan sensasi mendaki di gunung yang terkenal sangat cantik akan pesona alamnya ini.

Dengan ketinggian 3.726 mdpl dan terletak di utara Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektare merupakan pemandangan yang asri bagi Gunung Rinjani.

Akses menuju Pulau Lombok selain dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang menggunakan kapal ferri dua kali (Selat Bali dan Selat Lombok), juga dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang.

Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 kilometer dan terdapat danau kawah yang disebut Danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 meter. Dengan warna airnya yang membiru bagaikan anak lautan, air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melewati jurang yang curam.

- ADVERTISEMENT -

Banyak para pendaki yang memancing di danau ini karena banyak terdapat ikan mas dan mujair.

Ada dua jalur pendakian untuk mencapai Rinjani, yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun merupakan jalur favorit para pendaki karena meskipun treknya lebih panjang namun bisa menghemat 700 meter ketinggian. Di Jalur Sembalun, pendaki akan melalui hamparan padang savana yang sangat luas dan cantik.

Pesona yang dimiliki oleh Gunung Rinjani nyaris sempurna sehingga tidak diragukan lagi jika Rinjani menjadi daya tarik yang mampu memikat minat para wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk mendakinya. Dan mendaki Gunung Rinjani tentunya akan menjadi kenangan dan pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.