Perwali Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Bontang Terbit, Ini Sanksinya Bila Melanggar

INTREN.ID, BONTANG – Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 21 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sudah resmi terbit. Sejumlah sanksi bagi yang melanggar pun telah disiapkan Pemkot Bontang.

Dalam Perwali yeng ditandatangani Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni tersebut menyebutkan, penerapan Perwali ini diberlakukan kepada perorangan, pelaku usaha, dan pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Bagi perorangan diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan melakukan pembatasan aktivitas fisik, dan meningkatkan daya tubuh melalui penerapan Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS).

Adapun terkait pengelola usaha, diharuskan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelanggan melalui berbagai media. Selain itu, menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun yang standar dan mudah diakses.

Selain itu, melakukan pengaturan jaga jarak minimal satu meter. Dan melakukan disinfeksi secara berkala. Untuk fasilitas umum, merupakan tempat-tempat yang ramai dan sering dikunjung oeh masyarakat.

Sanksi yang diberikan berjenjang. Mulai sanksi ancaman teguran dan tertulis, melakukan kerja sosial dan aktivitas fisik, hingga tindakan polisional (penahanan). Bagi mereka yang melanggar, terlebih dahulu diberikan teguran lisan ataupun tertulis.

Jika masih melanggar, maka akan diberikan sanksi kerja sosial seperti pembacaan janji patuh protokol kesehatan dan aktivitas fisik atau membersihkan fasilitas umum. Dan apabila pelanggar menolak untuk dikenai sanksi administratif berupa kerja sosial. Maka sanksi yang diberikan adalah sanksi penahanan sementara selama 1x24jam.

Bagi pelaku usaha akan diberikan sanksi berupa teguran lisan atau tertulis, penghentian sementara operasional usaha, hingga pencabutan izin usaha sementara.

Sebagai informasi, Perwali ini mulai ditetapkan mulai 27 Agustus 2020. Perwali ini merupakan turunan dari Instruksi Presiden (Inpres) 6/2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.