Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramalkan Cuma 1 Persen

INTREN.ID, JAKARTA – Kondisi ekonomi Indonesia yang tidak menentu menyebabkan sebuah ketidakpastian. Lembaga bank internasional malah memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak sampai 1 persen.

Asian Development Bank (ADB) memproyeksikan, ekonomi Indonesia hanya tumbuh 1 persen. Pertimbangannya, kondisi kawasan Asia yang nyaris tidak mengalami pertumbuhan di tahun ini. Pandemi Covid-19 menyebabkan tekanan ekonomi bagi dunia.

“Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,3 persen pada 2021 karena bertambahnya belanja tidak wajib rumah tangga, membaiknya iklim investasi, dan mulai pulihnya perekonomian dunia,’’ ujar Direktur ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein.

Tak hanya Indonesia, ADB juga memprediksi pertumbuhan kawasan Asia-Pasifik mencapai 0,1 persen. Angka itu menurun dibandingkan proyeksi sebelumnya yakni 2,2 persen yang dirilis April lalu.

- ADVERTISEMENT -

Indonesia telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2020 dari 2,3 persen diturunkan menjadi 1 persen. Sementara, untuk tahun 2021 diproyeksi tumbuh 4,5 sampai 5,5 persen.

Bank Indonesia (BI) sendiri menurunkan suku bunga acuan 7-day (reverse) Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,25 persen. Penurunan tersebut sudah kali ketiga sepanjang 2020. Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan, keputusan tersebut dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.