Pertamina Kucurkan Puluhan Miliar Rupiah untuk UMKM

Bantu Permodalan dan Perizinan, Tersebar di 13 Provinsi

INTREN.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan mengucurkan dana puluhan miliar rupiah kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bantuan permodalan dengan total Rp 33,7 miliar itu dikucurkan hingga Maret 2020, kepada 402 UMKM yang tersebar di 13 provinsi di Indonesia.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengungkapkan, bantuan permodalan itu disalurkan dalam upaya penguatan UMKM di Indonesia di tengah dampak wabah Virus Corona baru (Covid-19). Bantuan permodalan dan perizinan serta sertifikasi UMKM ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap permasalahan dunia usaha di tengah pandemi yang sedang dihadapi.

“Bantuan permodalan dan pendampingan dalam Program Kemitraan Pertamina bertujuan untuk membantu UMKM agar tetap produktif, sekaligus membangun perekonomian lokal,” kata Fajriyah.

Dukungan diberikan kepada UMKM berbagai sektor yakni sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, jasa, dan perkebunan.

- ADVERTISEMENT -

UMKM yang mendapat bantuan permodalan tersebar di 13 provinsi meliputi Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Selain permodalan, dukungan yang diberikan Pertamina kepada UMKM juga terkait bantuan perizinan dan sertifikasi. Tujuannya untuk mendukung kelancaran usaha bagi 102 pelaku usaha yang tersebar di Sumatra Utara, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Melalui program ini UMKM juga bisa mendapatkan fasilitas pelatihan, pembinaan, serta pendampingan usaha,” urai Fajriyah.

Kata dia, penguatan UMKM merupakan aspek penting dalam meningkatkan perekonomian. Apalagi di tengah tekanan terhadap dunia usaha seiring mewabahnya virus corona baru. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.