- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Persiapan Salat Iduladha, Dataran Engku Putri Batam Disemprot Disinfektan

INTREN.ID, BATAM – Untuk menjaga keseterilan, Dataran Engku Putri yang direncanakan menjadi pusat salat Iduladha di Batam, telah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Yaitu dengan menerjunkan dua unit mobil dari Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) pada Kamis (30/7/2020) siang.

Menurut Wali Kota Batam Muhammad Rudi, hal tersebut adalah salah satu cara meminimalisasi penyebaran virus corona baru (Covid-19) pada pelaksanaan salat yang akan digelar Jumat (32/7/2020) besok.

Selain itu, Rudi juga sudah menentukan kebijakan-kebijakan saat pelaksanaan salat yang menurutnya bisa menekan penyebar virus covid-19.

“Penyemprotan disinfektan telah dilakukan secara merata hingga keseluruhan sudut. Serta ada kebijakan durasi pelaksanaan salat akan dipersingkat,” ujarnya, Kamis (30/7/2020).

Rudi mengungkap, kebijakan mempersingkat pelaksanaan salat tersebut bukan berarti mempercepat salatnya. Akan tetapi pihaknya menyingkat kata sambutan dari wali kota dan sebagainya agar makin ringkas.

- ADVERTISEMENT -

“Besok kami minta hanya Kemenag yang menyampaikan laporan hewan kurban. Setelah itu langsung salat sehingga durasi pelaksaannya singkat,” kata Rudi.

Rudi yang masih menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam juga mengimbau jemaah yang akan salat di Dataran Engku Putri, untuk tidak bersalaman. “Kita tetap waspada, protokol kesehatan sesuai Covid-19 tetap dijalankan,” imbaunya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid juga mengungkapkan untuk pelaksanaan salat Iduladha di Dataran Engku Putri dilakukan pengetatan protokol kesehatan. Semua jemaah yang akan masuk ke Dataran Engku Putri akan dilakukan pengecekan suhu.

“Saf salat juga dibuat berjarak. Semua petugas dibekali protokol kesehatan yang akan diterapkan saat salat Idul Adha,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.